Interest

Siap-siap! Bulan Depan YouTube Batasi Kualitas Video

Cakra Ajie

Posted on March 25th 2020

Trafik internet di seluruh dunia melonjak dratis ketika pandemi Coronavirus terjadi di banyak negara. Orang memang mulai mengalihkan sejumlah aktivitasnya secara online. Misalnya, sebelum ada Corona nonton bioskop, sekarang ganti nonton streaming. Nah, hal inilah yang memicu kebijakan YouTube untuk mengurangi kualitas videonya.

Penurunan kualitas video ini akan diarahkan ke standart definition, bukan lagi high definition alias HD. Kebijakan ini akan berlaku secara global mulai bulan depan. Namun, pengguna YouTube di Eropa dan Amerika sudah merasakan dampaknya lebih awal. Sebab kebijakan ini memang diberlakukan duluan di sana sejak awal minggu ini.

"Kami terus bekerja sama dengan pemerintah dan operator jaringan di seluruh dunia untuk meminimalkan tekanan pada sistem selama situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya (pandemi Coronavirus)," kata Google, induk perusahaan YouTube.

Pengguna memang masih akan memiliki kemampuan menonton video dengan resolusi tinggi, tapi harus secara manual menyesuaikan kualitas di perangkat mereka.

Di Amerika, peningkatan trafik internet memang gila-gilaan. Terjadi di banyak negara bagian, termasuk di Illionis dan California. Apalagi ketika ada kebijakan 'shelter in place'. Sejak saat itu, lalu-lintas internet jadi melonjak. Hal ini juga yang dirasakan raksasa streaming seperti Netflix dan platform Twitch Amazon.

Tak hanya YouTube yang menerapkan kebijakan penurunan kualitas videonya. Sony juga mengumumkan bahwa mereka akan membatasi kecepatan pengunduhan untuk pelanggan PlayStation-nya. Penyebabnya sama, tingginya akses download di masa pandemik ini. Biar gak makin bikin kacau trafik internet, yuk kita mainin permainan offline saja, monopoli misalnya. Hehehe.(*) 

Related Articles
Interest
8 Ide Kado Buat yang Berulang Tahun pada Masa Self-quarantine

Interest
Sering Disebut Saat Darurat, Apa Sih Beda Stay at Home dan Shelter in Place

Interest
Yuk, Olah Raga di Rumah Sambil Nonton 5 Kanal YouTube ini!