Pop-Sci

Yuk Coba Fitur Baru Instagram 'Co-Watching', Bisa Berbagi Liked dan Saved Posts

Drian Bintang

Posted on March 25th 2020

Aktivitas stay at home membuat banyak aplikasi mengeluarkan fitur-fitur menarik yang bertujuan membuat penggunanya lebih betah untuk berada di dalam rumah. Instagram salah satunya. Baru-baru ini mereka mengeluarkan fitur terbaru bernama 'Co-Watching'.

Dalam fitur ini, Instagram mengajak kalian melakukan scrolling ke lini masa di akun kalian secara lebih asik. Yakni, dengan ditemani oleh teman-teman atau rekan kerja yang sama-sama berada di rumah. Dengan fitur ini, mengirim meme ke grup chat di Instagram menjadi lebih mudah, karena bisa dilakukan saat itu juga.

Anda dapat memulai 'Co-Watching' kalian perlu mengetuk ikon video call di kotak inbox. Di sana kalian bisa memilih mau video call dengan siapa saja. Maksimal enam orang. Fitur 'Co-Watching' baru bisa dinikmati, ketika kalian sedang melakukan video call secara bersamaan.

Di tengah video call tersebut, kalian bisa memilih salah satu dari peserta video call untuk memperlihatkan tab liked, saved, suggested posts. Sayangnya fitur Co-Watching ini tidak memperbolehkan kalian untuk melihat lini masa salah satu atau masing-masing. Melainkan, melihat apa saja pos yang sudah disukai atau disimpan oleh salah satu peserta.

Menurut Instagram, hal ini justru bisa memantik pembicaraan di dalam sebuah video call. Ketimbang hanya melihat lini masa salah satu peserta video call, yang kemungkinan banyak sekali akun yang tidak mereka mengerti atau kenal.

Beda dengan like dan saved post. Dengan melihat tab tersebut, para peserta bisa langsung berbagi meme yang pernah disukai sebelumnya, atau bahkan menertawakan postingan apa saja yang sudah disimpan yang sebenarnya tidak harus diketahui banyak orang. Sehingga kalian bisa langsung seru-seruan saat itu juga di video call.

Menurut TechCrunch, Instagram sebenarnya sudah melakukan beta tester tentang fitur terbaru tersebut sejak lama. Tepatnya setahun yang lalu, mereka mencoba fitur terbaru tersebut ke beberapa akun terpilih saja. Sehingga, sebenarnya Instagram tidak sengaja menciptakan fitur tersebut hanya karena sedang ada pandemic Covid-19 saja.

Berdasarkan TechCrunch juga, fitur ini tetap akan menjadi fitur permanen di Instagram. Sekali pun, banyak pemerintah sudah meninggalkan kebijakan lockdown-nya di berbagai negara. Sehingga pengguna tetap bisa melakukan 'Co-Watching' di luar rumah.(*)

Related Articles
Interest
Yuk, Ikutan 'Until Tomorrow' Challenge! Begini Caranya

Pop-Sci
Awas Jangan Sembarangan! Ini 3 Cara Bersihkan Ponselmu dari Coronavirus

Pop-Sci
Mengenal Sulianti Saroso, Nama di Balik Rumah Sakit Rujukan Coronavirus