Sport

Jepang Akhirnya Setuju Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda

Mainmain.id

Posted on March 24th 2020


Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengenalkan Olimpiade Tokyo 2020 dengan menggunakan baju Mario Bros saat penutupan Olimpiade Rio de Janeiro 2016 silam 

Lengkap sudah event besar olahraga yang tertunda karena Coronavirus pada 2020. Kabar terbaru, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan setuju Olimpiade di negaranya ditunda hingga 12 bulan atau satu tahun.

Dikutip dari Daily Mail, Abe menyampaikan seperti itu setelah dia melakukan conference call dengan Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach pada Selasa siang waktu Jepang.

Telekonferensi itu juga diikuti Ketua Panitia Olimpiade Tokyo Mori Yoshiro, Menteri Olahraga Jepang Hashimoto Seiko, Gubernur Tokyo Koike Yuriko, serta pejabat tinggi IOC seperti John Coates (Ketua Komisi Koordinasi), Christophe De Kepper (Direktur Umum), dan Christophe Dubi (Direktur Eksekutif).

"Saya sudah mengusulkan agar ditunda sekitar satu tahun. Dan Presiden IOC Thomas Bach merespon dengan mengatakan setuju 100 persen," kata Abe.

Dia menambahkan, penundaan itu agar atlet yang tampil benar-benar dalam kondisi terbaik. Sebab, dengan adanya kebijakan stay at home sebagai bagian dari self quarantine, banyak atlet yang terpaksa harus di rumah. "Selain itu kami juga ingin membuat acara itu aman dan aman bagi para penonton," ujar Thomas Bach.

Hal yang sama juga berlaku pada Tokyo Paralympic Games yang juga akan digelar tahun ini. Abe ingin event itu ditunda satu tahun. Pernyataan dari Jepang ini tentu mengejutkan.

Sementara situ laman resmi IOC mengatakan, Presiden IOC dan Perdana Menteri Jepang telah menyimpulkan bahwa Olimpiade di Tokyo harus dijadwalkan kembali. Kedua belah pihak juga sepakat bahwa Olimpiade Tokyo harus dilangsungkan di luar 2020, dan atau sebelum musim panas 2021 nanti.

Meski digeber tahun depan, IOC dan pemerintah Jepang sepakat untuk tak mengubah nama event ini. Jadi titel event-nya tetap Olimpiade 2020, dan Paralimpiade 2020.

Sebelumnya, Abe menyatakan sebagai tuan rumah pihaknya akan mengatasi penyebaran infeksi agar Olimpiade berjalan tanpa masalah, seperti yang sudah direncanakan," kata Abe pada BBC, 15 Maret 2020. Baca juga: Tak Terpengaruh Coronavirus, Olimpiade 2020 Jalan Terus.

Ketika Jepang tetap optimis bisa menggelar Olimpiade, banyak negara tetap ingin event empat tahunan itu dihentikan. Akhirnya beberapa negara memutuskan tak memberangkatkan kontingennya. (Baca juga: Negara-Negara Ini Menarik Diri dari Olimpiade 2020). Alasan mereka satu: demi keselamatan atletnya akibat penyebaran Coronavirus yang tengah mewabah di dunia.(*)

Related Articles
Interest
Wisma Atlet Olimpiade Tokyo 2020 Siap Jadi Rumah Sakit Darurat Covid-19  

Sport
Negara-Negara Ini Menarik Diri dari Olimpiade 2020

Sport
Tak Terpengaruh Coronavirus, Olimpiade 2020 Jalan Terus