Entertainment

5 Album Trilogi KPop Paling Ikonik yang Wajib Kalian Dengerin

Delima Pangaribuan

Posted on March 23rd 2020

Di tengah persaingan industri musik KPop yang ketat, banyak idol dan grup yang berusaha untuk mengemas karya mereka se-outstanding mungkin. Salah satunya dengan bikin album trilogi.

Yup, sama seperti buku, album trilogi maksudnya adalah rangkaian tiga album yang dirilis berurutan dan punya keterkaitan. Jadi, mendengarkan album-album ini tuh rasanya kayak membaca tiga novel yang bersambung.

Debut GFRIEND termasuk salah satu yang paling menarik perhatian karena konsep mereka yang cukup unik, yakni dengan tema sekolah. Setelah mengeluarkan album kedua, barulah fans ngeh kalau ini merupakan album trilogi dengan tema 'High School'.

Konsep anak sekolah ini dirasa cocok banget sama GFRIEND, ditambah dengan genre musik mereka yang juga unik ala-ala instrumen rock. 

Bagian pertama dibuka dengan 'Season of Glass' yang punya lagu utama 'Glass Bead'. Di sini para member diceritakan tengah menikmati masa-masa sebagai anak sekolah dengan dinamika pertemanan mereka yang unyu.

Kedua dilanjutkan dengan keseruan khas anak SMA waktu liburan musim panas dalam album 'Flower Bud'. Masih dengan style mirip seragam sekolah, para member diceritakan menikmati liburan mereka dalam MV 'Me Gustas Tu'. Lagu yang juga menggambarkan dengan manis kisah cinta ala anak sekolah.

Masa-masa SMA yang menyenangkan itu kemudian berakhir ketika mereka menyambut hari kelulusan, yang digambarkan dalam album 'Snowflake'. Kalau masuk SMA ditandai dengan musim semi, pertengahan SMA dengan musim panas, maka afdol juga kalau penghujung SMA digambarkan dengan musim dingin.(*)

Model album trilogi ini meskipun nggak banyak dilakukan sama para idol group, ternyata termasuk model yang populer juga dalam menghasilkan karya musik. Koreaboo mengkurasi lima di antaranya yang dianggap paling ikonik dan wajib banget kamu dengerin sebagai penggemar KPop. Apa aja tuh?
 
1. BTS 'Love Yourself' Trilogy

Sebagai salah satu boy group terpopuler di Korea Selatan, BTS pastinya punya satu rangkai album trilogi yang layak dipertimbangkan. Bahkan, rangkaian tiga album ini terhitung sebagai album trilogi paling laris dalam sejarah KPop saat ini.
 
 
Trilogi 'Love Yourself' ini dipecah menjadi edisi 'Her', 'Tear', dan 'Answer'. Masing-masing menggambarkan fase atau tahap yang dilewati dalam hidup seseorang.
 
'Her' banyak membahas soal cinta, makanya lagu-lagunya pun sarat nuansa romantis dengan title track 'DNA'.
 
Kemudian 'Tear' bicara soal bagaimana cinta itu ternyata bisa menghancurkan. Title track-nya 'Fake Love'. Dan setelah fase memahami 'kehancuran' itu, BTS mengajak pendengarnya untuk bisa menerima dan mencintai diri sendiri. Pesan-pesan ini tertuang dalam fase ketiga yakni 'Answer', dengan lagu andalan 'IDOL'.
 
 
2. Red Velvet 'The ReVe Festival' Trilogy
 
Sejak debut, Red Velvet memang dikenal sering mengusung konsep yang unik dan cenderung aneh. Konsep itu kemudian mereka tuangkan dalam bentuk trilogi berjudul 'The ReVe Festival'. Secara garis besar, album trilogi ini berpusat pada bagaimana segala sesuatu tampak nggak beres.
 
Member Red Velvet menciptakan karakter robot bernama ReVe yang sengaja dibuat untuk tur konser Redmare mereka. Sesuai judulnya juga, ketiga album Red Velvet ini sarat akan unsur festival tapi dengan tone yang nyentrik dan menjurus ke dark.
 
 
Diawali dengan album pertama 'The ReVe Festival: Day 1', bisa dilihat para member memasuki festival misterius dalam title track mereka 'Zimzalabim'.
 
Album kedua, 'The ReVe Festival: Day 2' menggambarkan para member sedang menikmati liburan musim panas di taman hiburan. Meskipun kelihatan ceria, tapi fans berteori kalau sebenarnya lagu ini juga dark.
 
Di mana lagu utama mereka 'Umpah Umpah' dipahami sebagai jantung yang berdebar ketika mau melakukan hal-hal mengerikan. Trilogi ini ditutup sama album 'The ReVe Festival: Finale' dengan lagu utama 'Psycho' yang jelas-jelas creepy banget.
 
 
3. SHINee 'The Story of Light' Trilogy
 
Setelah comeback dengan formasi empat orang, SHINee memberikan konsep baru dalam karya mereka dengan mengusung album trilogi. Album ini sekaligus hadiah dari SHINee buat para penggemarnya supaya mereka semua nggak larut dalam kesedihan dan bisa melanjutkan hidup sebagai fans seperti biasa, makanya mereka pakai kata-kata 'cahaya' dalam trilogi ini.
 
Trilogi dibuka sama 'The Story of Light EP. 1' dengan lagu utama 'Good Evening'. Bisa dilihat dalam fase ini member SHINee menunjukkan sisi melankolis mereka tapi sekaligus sisi ceria dibalut dengan musik electro-pop yang ngebeat.
 
 
Kemudian lanjut ke 'The Story of Light EP. 2', setelah para member menggambarkan bagaimana persepsi publik terhadap mereka, kini mereka menunjukkan image grup menurut diri mereka sendiri. 
 
Bagian kedua ini punya title track 'I Want You' yang vibe-nya lebih ceria sedikit dari 'Good Evening'. Terakhir sebelum para member wajib militer, mereka memberi kado penutup 'The Story of Light EP.3'.
 
Kali ini para member nggak segan menunjukkan melankoli total dengan lagu yang emosional. Meski begitu, mereka menggambarkan bahwa sisi melankolis itu juga tetap bisa membuat mereka bersinar.
 
 
4. MONSTA X 'The Clan' Trilogy
 
Bukan grup dari agensi Big 3, MONSTA X melalui perjuangan mulai dari bener-bener nol. Kisah mereka itu mereka tuangkan dalam bentuk album yang langsung dibikin tiga seri. Dimulai dari perjalanan mereka dari bawah pada album pertama dan mencapai kesuksesan yang diceritakan di album ketiga.
 
Bagian pertama dari trilogi ini adalah album 'The Clan Part 1: Lost'. Ceritanya tentang bagaimana sekumpulan anak muda kehilangan harapan mereka, tapi mereka tetap berusaha.
 
 
Perjuangan ini digambarkan dengan apik dalam MV title track mereka 'All In' di mana para member berusaha menjaga agar tetap kuat. Lanjut ke bagian kedua, 'The Clan Part 2: Guilty', para member diperlihatkan berjuang melawan stigma orang-orang di sekitar mereka.
 
Lagu utama dari fase kedua ini adalah 'Fighter', yang menceritakan bagaimana awalnya mereka terpisah-pisah dan berusaha menjadi satu. Terakhir, mereka menuai keberhasilan di 'The Clan Part 2.5: The Final Chapter'.
 
Lagu 'Beautiful' yang jadi title track album ini menggambarkan bagaimana para member akhirnya mengatasi segala tantangan dan kekurangan mereka dengan berjalan bersama-sama.
 
 
5. GFRIEND 'High School' Trilogy
Related Articles
Entertainment
7 Reality Show Idol KPop yang Recommended Buat Hiburan Selama Karantina

Entertainment
Big Hit Tunda Sebagian Konser BTS, KCON 2020 Juga Dibatalkan

Entertainment
9 Rekomendasi Album K-Pop Terbaik Versi Netizen Korea Selatan!