Sport

Indonesia Tanpa Sepak Bola untuk Sementara

Mainmain.id

Posted on March 23rd 2020

Kompetisi sepak bola di Indonesia mandek total. Penyebabnya tak lain adalah coronavirus. Wabah yang berasal dari Tiongkok ini menyebabkan kompetisi Liga 1, Liga 2, Liga 3, bahkan turnamen untuk usia muda, harus dihentikan sementara.

Untuk dua level teratas, yakni Liga 1 dan Liga 2, PSSI beserta PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator, sudah memutuskan untuk menghentikan liga. Direktur Utama PT LIB Cucu Somantri mengatakan jika pengentian kompetisi juga terjadi di sejumlah negara di Asia bahkan Eropa.

"Bagaimanapun, aspek kesehatan harus diposisikan di atas segalanya. Keselamatan dan kesehatan penonton, perangkat pertandingan, dan pemain, harus dijadikan prioritas melebihi apa pun," jelasnya dalam laman resmi PSSI.

Tak hanya Liga 1 dan Liga 2, kompetisi Liga 3 juga turut terimbas pandemi coronavirus. Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur (Jatim) memastikan, seluruh aktivitas sepak bola di Jatim ditunda sampai adanya pemberitahuan lebih lanjut dari pemerintah.

"Seluruh agenda sepakbola di Jatim, mulai kompetisi Liga 3, kelompok umur Piala Soeratin, SSB dan sepakbola wanita, harus kami tunda sampai batas waktu yang belum bisa kami pastikan," bilang Ketua Asprov PSSI Jatim, Ahmad Riyadh, Senin (23/3) siang.

Ahmad Riyadh menginstruksikan Sekretaris PSSI Jatim, Amir Burhannudin untuk menyusun langkah-langkah penundaan Liga 3 PSSI Jawa Timur yang sedianya dimulai 6 Juni nanti. "Kami akan menyusun ulang jadwal kompetisi Liga 3, Piala Soeratin dan sepakbola wanita. Kami akan berkomunikasi dengan pihak terkait tentang penundaan ini," kata Amir.(*)

Related Articles
Sport
Pesan Para Pemain Liga 1 untuk Para Fansnya

Sport
Insan Sepak Bola Indonesia Dukung Perjuangan Tenaga Medis Melawan Coronavirus

Sport
Pemain NBA yang Pertama Positif Covid-19 Ini Telah Sembuh