Sport

Wajib Stay At Home, Polisi Prancis Buru Goweser Bandel Lewat Strava

Mainmain.id

Posted on March 23rd 2020


(cyclist.co.uk)

Aturan 'Stay at Home' sebagai bentuk self quarantine benar-benar 'keras' di Prancis. Bahkan, para goweser atau pesepeda pun turut dirazia oleh polisi. Cara razianya unik, polisi memburu mereka lewat aplikasi Strava.

Apa yang dilakukan polisi di Prancis ini agak aneh. Sebab, di Irlandia dan Inggris, bersepeda malah dianjurkan untuk mengurangi penggunaan transportasi publik. Bersepeda, selain bisa menyehatkan tubuh, juga dianggap lebih minim risiko terpaparnya Coronavirus. Dibanding jika berada di transportasi publik.

Di kalangan pengguna aplikasi Strava beredar kabar bahwa polisi di Prancis menjatuhkan sanksi berupa denda untuk para pesepeda. Sanksi itu dilayangkan lewat pesan di akun Strava si pesepeda tersebut. Denda yang dijatuhkan sebesar 135 euro. 

Federasi bersepeda Prancis mengklarifikasi peraturan tersebut ketika ramai di media sosial. Mereka menyatakan bersepeda dilarang kecuali untuk beberapa keadaan.

Beberapa pengecualian itu antara lain bersepeda dengan jarak 2 km dari rumah ke toko atau ke kantor jika memang ada pekerjaan yang tidak bisa ditunda. Atau bersepeda untuk menyelesaikan persoalan penting keluarga. 

"Tapi praktik bersepeda olahraga tidak termasuk dalam ketentuan yang ditentukan, oleh karenanya itu merupakan pelanggaran," kata federasi bersepeda Prancis dalam rilisnya.

Federasi bersepeda Prancis melarang kegiatan bersepeda untuk latihan. Bahkan jika dilakukan seorang pun atau solo ride. "Setiap latihan olahraga bersepeda, bahkan perorangan harus dilarang untuk sementara waktu."

Kementerian Olahraga Prancis juga menyampaikan klarifikasinya. Menurut mereka, larangan bersepeda memang ada. Tapi ada juga pengecualiannya. 

“Ingat, Anda hanya bisa keluar bersepeda untuk keadaan darurat. Seperti berbelanja atau untuk kesehatan Anda. Sedikit joging mungkin untuk kesehatan Anda, tetapi tidak sampai 10 km," kata Kementerian Olahraga Prancis.(*)

 

Related Articles
Interest
Indosat, XL, Axis Berikan Kuota Gratis untuk Akses Aplikasi Ruangguru!

Current Issues
Peringatan WHO: Jangan Pakai Masker Kalau Sehat!

Current Issues
Ini Pesan LeBron James untuk Lulusan SMA Angkatan 2020