Interest

WHO Chatbot untuk Coronavirus Resmi Meluncur di WhatsApp

Dwiwa

Posted on March 23rd 2020

Semenjak ditetapkan sebagai pandemi global oleh WHO, usaha pencegahan penyebaran Coronavirus ini semakin diperkuat. Berbagai upaya telah dilakukan, baik oleh pemerintah lokal maupun organisasi internasional seperti Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Salah satu yang terbaru adalah diluncurkannya WHO Chatbot yang siap menjawab pertanyaan terkait Covid-19 via WhatsApp. Keberadaan chatbot ini diharapkan mampu memberikan informasi terpercaya terkait Covid-19 kepada dua miliar pengguna WhatsApp.

Untuk bisa berinteraksi dengan chatbot ini, kalian hanya perlu menyimpan nomor +41798931892. Setelah itu, cukup ketikkan “hi” di ruang obrolan untuk memulai. Chatbot pun akan segera merespon dengan menuliskan kode dan juga informasi yang bisa diperoleh. Total ada 8 kode yang bisa dipilih.

Masing-masing kode ini akan memberikan informasi yang berbeda. Mulai dari situasi terkini Covid-19 di dunia, cara melindungi diri, menjawab berbagai pertanyaan, mitos, saran ketika bepergian, dan juga berita terkait Coronavirus.

Selain itu, kalian juga bisa langsung membagikan chatbot ini kepada teman-teman dekat langsung lewat kode yang tersedia. Termasuk juga pilihan untuk berdonasi sebagai upaya pencegahan virus semakin menyebar.

Jika ingin mendapatkan informasi tersebut, cukup mengetikkan angka yang tertera di bagian depan. Selain dengan angka, kalian juga bisa mengetikkan emoji untuk mengakses informasi yang dibutuhkan.

Menurut The Guardian, WhatsApp telah menjadi salah satu alat yang banyak digunakan untuk menyebarkan hoax dibanding dengan Facebook atau mesin pencari Google. Hal ini dikarenakan adanya enkripsi di WhatsApp yang membuat informasi hanya bisa dilihat oleh pengirim dan penerima tanpa bisa dilacak.

Sementara untuk jejaring seperti Google dan Facebook masih bisa diawasi terkait informasi yang beredar. Apalagi, WhatsApp selama ini telah menjadi aplikasi favorit di berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, penyediaan akses informasi akurat di aplikasi ini diharapkan bisa membantu membatasi penyebaran Covid-19.

Sebelumnya, WhatsApp juga telah melakukan kerja sama dengan beberapa negara untuk membuat chatbot ini. Beberapa di antaranya adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Indonesia, Departemen Kesehatan Afrika Selatan, Kementerian Kesehatan Israel, hingga Pemerintah Singapura.

Baca juga: Gak Punya Kuota Buat Buka Situs? Update Coronavirus Bisa Lewat Whatsapp

Namun untuk sementara, chatbot ini hanya bisa memberikan informasi terkait Covid-19 dengan menggunakan Bahasa Inggris. Tetapi dikabarkan jika dalam beberapa minggu ke depan akan hadir pula versi Bahasa Spanyol, Rusia, Perancis, China, dan Arab.(*)

Related Articles
Interest
Kerahkan Pocong hingga Robot Demi Pastikan Warga Berdiam di Rumah

Interest
Pengorbanan Nyawa Tenaga Kesehatan Demi Selamatkan Pasien Coronavirus

Interest
7 Aplikasi Video Conference Alternatif Selain Zoom