Entertainment

Lagu 'Hold' WINNER Plagiat 'Ddaeng' BTS?

Delya Oktovie Apsari

Posted on March 23rd 2020

Lagu 'Hold' WINNER Plagiat 'Ddaeng' BTS?

 

Boyband asuhan YG Entertainment, WINNER, baru saja merilis teaser single terbaru mereka, yakni sebuah lagu berjudul 'Hold'. Teaser tersebut, dirilis dalam bentuk video oleh akun Twitter @ygent_official.

Dalam video berdurasi 14 detik tersebut, para ARMY -- fans BTS -- menemukan part yang terasa sangat familiar di telinga mereka. Menurut ARMY, lagu 'Hold' mirip sekali dengan 'Ddaeng'!

 

 

'Ddaeng' adalah lagu yang dirilis oleh rap line BTS, yakni RM, J-Hope dan SUGA. Lagu tersebut diluncurkan secara cuma-cuma di akun Soundcloud resmi BTS.

 

 

Memang, sejak debut, BTS sudah sering membagikan lagu buatan mereka sendiri gratis di website tersebut. Untuk 'Ddaeng', lagu ini diproduksi oleh SUGA dan J.Pearl, serta RM dan J-Hope.

Tak sedikit ARMY yang langsung menuduh WINNER plagiat BTS. Seperti @BTSxAna7, yang menyebut WINNER 'plagiat tanpa malu' dan meminta warganet untuk mendengarkan versi 'original'-nya, yakni 'Ddaeng' dan memberikan link Soundcloud.

Ada pula yang heran lirik 'Ddaeng' BTS seakan-akan 'meramalkan' kemungkinan orang lain bakal plagiat lagu mereka, yakni lirik yang dibawakan oleh J-Hope:

About why they / Are making such a fuss / Not enough time / This is homework, homework / If you can't solve this, then your problem is ddaeng

 

 

'Ddaeng' pun langsung merajai Indonesia trends di Twitter. Ia bertengger di nomor 6 dengan jumlah tweet mencapai lebih dari 90.000.

Hingga artikel ini ditulis, belum ada respon dari Big Hit Entertainment maupun YG Entertainment. WINNER sendiri dijadwalkan akan comeback dengan full album bertajuk 'Remember' yang dirilis 9 April 2020. Ini adalah album WINNER sebelum dua membernya menjalani wajib militer. (Baca juga: Segera Wamil, Winner Siapkan 12 Lagu Sekaligus dalam Album Baru Mereka!)

Menurut kamu gimana? Apakah teaser 'Hold' dan 'Ddaeng' beneran mirip? (*)

Related Articles
Entertainment
Pesan Haru BTS untuk ARMY di #HomeFest The Late Late Show with James Corden

Entertainment
BTS Ungkap Cerita di Balik MV 'ON' dan 'Black Swan' Serta Pilih Scene Favorit

Entertainment
Makna Lagu Baru BTS X Lauv 'WHO' yang Galau Banget