Sport

Pengen Tetap Gowes di Tengah Coronavirus? Patuhi 5 Hal Ini

Gunawan Sutanto

Posted on March 23rd 2020

Banyak public figure menyarankan olahraga yang tepat dilakukan di tengah wabah Coronavirus adalah bersepeda. Ini perlu dilakukan terutama bagi mereka yang tetap harus keluar rumah dan selama ini menggunakan transportasi publik.

Nah daripada terpapar Coronavirus saat menggunakan transportasi publik, maka gowes bisa jadi pilihan. Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn, Wali Kota New York Bill de Blasio, hingga aktor dan mantan Gubernur California, Arnold Schwarzenegger, menganjurkan masyarakat untuk bersepeda. Menurut mereka, ada banyak manfaat dari olahraga ini.

Pertama, bersepeda dinilai sebagai langkah aman untuk menghindarkan masyarakat dari penggunaan transportasi umum. Ini bertujuan untuk mempersempit penyebaran virus ini. Kedua, bersepeda efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan memperkuat kesehatan mental.

"Pendekatan ini sedang diikuti di tempat lain. Di mana dalam beberapa kasus kami melihat pemerintah menyarankan warganya untuk lebih banyak bersepeda," kata Kepala Eksekutif British Cycling, Julie Harrington dalam pernyataan resminya.

Hanya saja, demi mempersempit sebaran wabah ini, ada beberapa hal yang harus dipatuhi oleh pesepeda. Salah satunya adalah anjuran untuk bersepeda sendirian, alias solo ride.

Melansir dari British Cycling, Cycling UK dan Road CC, berikut lima anjuran bersepeda aman di tengah pandemi COVID-19:

1. Bersepeda sendirian, atau maksimal dengan satu kawan
Solo ride adalah cara paling aman untuk bersepeda di tengah maraknya pandemi coronavirus. Bersepeda sendirian adalah salah satu cara untuk menghindarkan kita dari potensi tertular virus ini

2. Jika bersepeda dengan salah satu rekan, jaga jarak Anda setidaknya DUA METER
Jika bersepeda sendirian terasa kurang mengasyikkan, silahkan mengajak kawan. Tapi maksimal satu orang saja. Selain itu, jarak bersepedanya pun harus diatur. Setidaknya dua meter. Selain mengurangi potensi tabrakan, juga untuk mereduksi peluang penularan coronavirus.

3. Gunakan sepeda dan peralatan milik sendiri
Untuk mengurangi risiko penularan virus Covid-19, sepatutnya menggunakan sepeda dan peralatan milik kita sendiri. Sebab, jika menggunakan milik orang lain, Anda tidak tahu riwayat penggunaan sepeda atau peralatan tersebut.

4. Lebih baik bersepeda di dekat lingkungan tempat Anda tinggal, atau di dalam kota
Tak ada yang menghalangi Anda untuk bersepeda ke luar kota, atau ke tempat yang jauh dari rumah Anda. Tapi, sebisa mungkin bersepeda lah di lingkungan tempat Anda tinggal, atau di dalam kota.

5. Jangan berkumpul atau nongkrong dengan banyak pesepeda. Baik sebelum atau sesudah bersepeda
Bersepeda dilanjut nongkrong adalah sebuah paket komplet. Akan tetapi, di tengah maraknya pandemi coronavirus seperti saat ini, sebisa mungkin kurangi aktivitas nongkrong sebelum atau seusai bersepeda. Lebih langsung pulang, membersihkan diri, lalu melanjutkan kegiatan di rumah.(mainsepeda)

Foto: CyclingWeekly, Twin Cities

 

Related Articles
Sport
Insan Sepak Bola Indonesia Dukung Perjuangan Tenaga Medis Melawan Coronavirus

Sport
Balapan Esports, Pembalap Beneran Kalah dari Gamers

Sport
MotoGP Virtual Race Digelar Lagi, Valentino Rossi Akhirnya Ikut