Interest

Gabut Selama #dirumahaja? Saatnya Menyelami 5 Hobi Baru Ini!

Ahmad Redho Nugraha

Posted on March 22nd 2020

Merebaknya wabah Coronavirus atau Covid-19 membuat banyak orang panik. Beberapa negara bahkan melakukan lock down untuk mencegah penyebaran virus asal Wuhan, Tiongkok ini.

Di Indonesia, kondisinya belum separah itu. Respons pemerintah baru sampai pada imbauan untuk melakukan karantina mandiri dan social distancing. Tapi dua hal itu saja sebenarnya sudah cukup untuk membuat banyak orang stres karena kelamaan di rumah.

Walau demikian, imbauan pemerintah ini sebenarnya bisa jadi peluang bagi siapapun untuk mencoba mendalami hobi atau aktivitas baru yang selama ini tidak bisa dilakukan karena sibuk beraktivitas di luar rumah. Daripada gabut dan tidak produktif saat di rumah, lebih baik kamu coba mendalami beberapa aktivitas di bawah ini!

1. Membaca Buku

Tentu saja membaca adalah aktivitas wajib bagi semua orang, baik dalam kondisi wabah Coronavirus atau tidak. Tapi dengan waktu luang indoor yang lebih banyak seperti sekarang, membaca bisa jadi salah satu minat baru yang kamu perlu pertimbangkan, apalagi jika selama ini kamu memang belum suka membaca buku.

Ingat, kamu sebenarnya cuma perlu memaksakan diri membaca satu buku yang bagus saja, maka kamu akan terus suka membaca buku sampai kapanpun. Mulailah membaca bacaan ringan, seperti light novel, kumpulan cerita atau majalah. Jika sudah mulai doyan, boleh deh coba-coba "terjun" ke bacaan non-fiksi yang genre-nya agak berat seperti ekonomi, psikologi dan filsafat.

 

2. Rutin Menulis

Membaca dan menulis memang dua kegiatan yang tidak terpisahkan. Tentu saja menulis tidak segampang membaca, tapi di masa mendatang, kemampuan menulis akan sangat menolongmu dalam berbagai kondisi. Misalnya dalam urusan pekerjaan dan akademik.

Kebiasaan menulis pun tidak memerlukan bakat khusus, kok! Dan tidak harus dimulai dengan jenis tulisan yang berat. Mumpung gabut di rumah, cobalah mulai menulis diary atau blog.

Jika belum pede tulisanmu dibaca orang lain, simpan saja untuk kamu sendiri. Pada akhirnya, tujuan menulis bukan hanya untuk dibaca oleh orang lain, tapi juga sebagai media katarsis untuk menganulir perasaan stres dan emosi negatif kamu yang menumpuk selama masa social distancing.

 

3. Berkebun

Di berbagai belahan dunia, berkebun di pekarangan rumah bukan lagi jadi hobi, tapi semacam urban movement. Banyak penulis dan musisi yang nyambi jadi gardener, contohnya Rara Sekar, mantan pentolan Band Banda Neira.

Mulailah "karier" berkebunmu dengan menanam tanaman pangan yang mudah dirawat seperti cabe, tomat, kentang dan bawang. Selain bisa menangkal stres selama berdiam diri di rumah, berkebun juga skill yang esensial untuk bertahan hidup di masa-masa chaos, lho, sehingga tidak ada salahnya kamu mencoba berkebun dari sekarang.

 

4. Ikut Webinar dan Kursus Online

Social distancing bukan berarti kamu bisa berhenti belajar dan cuma leyeh-leyeh di rumah, ya. Sekarang ada banyak komunitas dan institut yang memfasilitasi pembelajaran berbagai materi secara online, mulai dari film-making, koding, jurnalistik, kepenulisan, dan lainnya.

Kamu hanya perlu googling dan pilih sesuai minat dan bakat kamu. Jika tidak suka kelas online, kamu bisa belajar secara mandiri dengan memanfaatkan berbagai channel Youtube.

 

5. Coba Olahraga Indoor

Zumba memang lagi hype sekarang, terutama di kalangan perempuan-perempuan pekerja kantoran. Kebutuhan akan aktivitas fisik kadang tidak berbanding lurus dengan waktu dan ruang untuk melakukannya, jadi disinilah olahraga indoor macam zumba dan yoga come to the rescue.

Bagi kamu yang ekstrover dan butuh banyak bergerak, zumba mungkin cocok untuk kamu cobain. Sementara untuk kamu yang butuh menenangkan diri dari stres, yoga mungkin adalah jalan ninjamu.

Disamping tidak butuh peralatan khusus, sudah banyak juga channel youtube yang menayangkan teknik zumba dan yoga, sehingga tidak ada halangan lagi untuk mulai mencobanya.

Bagaimana? Sudah tahu aktivitas apa yang ingin kamu lakukan untuk mengisi waktu indoor kamu? Apapun aktivitas kamu, yang terpenting adalah aktivitas itu bisa memberi manfaat, baik untuk kamu maupun orang lain di sekitarmu. Dan jangan lupa, tetap jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan kamu dalam beraktivitas ya!

Related Articles
Interest
Indosat, XL, Axis Berikan Kuota Gratis untuk Akses Aplikasi Ruangguru!

Interest
Terpaksa Belanja di Luar Saat Corona? Ini yang Perlu Kamu Lakukan!

Interest
7 Olah Raga Ringan yang Bisa Kamu Lakuin di Rumah