Opinion

7 Kebiasaan Baru Milenial dan Generasi Z Gara-gara Coronavirus

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 22nd 2020

(Pure Wow)

 

Pandemi coronavirus telah mengubah hidup banyak orang nih. Yang biasanya jorok jadi sering cuci tangan, yang biasanya makan gak dikontrol sekarang minum suplemen daya tahan tubuh. Kira-kira, kebiasaan apa ya yang dilakukan para generasi muda seperti milenial dan generasi Z? Yuk cari tahu!

 

1. Belanja serba online tapi berusaha hemat juga

 

(Freepik)

 

Karena kebijakan stay at home, jarang banget rasanya keluar rumah buat belanja. Selain takut terpapar virus di tempat publik, zaman sekarang juga sudah banyak aplikasi atau portal online buat belanja apa pun mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga fashion. Bahkan pesan satu barang aja gak mau datang ke tempat, mending beli online. Cukup lewat ponsel, belanjaan pilihan bisa sampai di depan pintu rumah dalam waktu cukup singkat.

Namun walaupun belanja serba online, dilansir dari South China Morning Post, milenial dan generasi Z juga berusaha hemat sama pengeluaran nih. Rata-rata generasi kia takut kalau nanti coronavirus bisa membuat perekonomian susah. Seperti pengobatan yang mahal dan naiknya harga-harga kebutuhan hidup. Dari situ deh, ada baiknya berhemat!

 

2. Pakai jasa pengantaran contactless

 

 

Jalan raya dijamin sepi dari kendaraan pribadi dan yang berseliweran cuma ojek online. Generasi muda yang agaknya terkenal dengan sebutan kaum rebahan ini menggunakan layanan ojek online untuk beragam pengantaran nih. Yang paling gampang, makanan! Gak bisa ke mana-mana jadi gak bisa datang ke resto atau beli bahan buat masak. Lagi pula, ngapain masak atau ribet ke resto kalau layanan antar makanan punya banyak promo? Penyelamat hidup banget deh layanan antar makanan online!

Layanan antar makanan online juga memberikan arahan tentang contactless delivery lho. Kamu bisa bayar pesananmu dengan pembayaran online, lalu chat driver kamu untuk minta pesananmu diletakkan di tempat tertentu sehingga kamu dan driver gak perlu ketemu langsung. Oke juga kan? Gak perlu khawatir deh!

 

3. Nekat bepergian karena tiket pesawat murah

 

(Pinterest)

 

Yang satu ini gak boleh ditiru ya. Walaupun tiket penerbangan lagi murah karena permintaan yang rendah, bukan berarti kamu bebas bepergian ke mana aja. Boleh kamu punya mimpi jalan-jalan ke destinasi impian atau mau ngumpul bareng keluarga besar. Tapi di masa sekarang ini bukan waktu yang tepat buat kamu bepergian apalagi lintas daerah.

Stasiun, terminal, apalagi bandara adalah tempat singgah banyak orang dari berbagai daerah yang kamu gak bisa prediksi membawa virus atau gak. Mungkin di sana terlihat sepi, tapi kamu gak pernah tahu virus itu ada di mana dan bisa saja hinggap di benda yang kamu sentuh. Kalau sudah begini, bisa aja virus masuk ke tubuhmu. Masa mau bayar tiket murah tapi menularkan ke keluarga atau orang lain?

 

4. Jadi jarang nongkrong

 

(Pinterest)

 

Buat kamu dengan jiwa extrovert pasti gak betah ya dengan self-quarantine ini? Gak bisa ketemu teman, gak bisa nongkrong-nongkrong kayak biasanya. Bahkan masa self-quarantine yang cukup lama ini juga bisa membosankan bagi para introvert lho. Untungnya banyak hiburan gratis untuk masa self-quarantine ini. Mulai konser virtual, layanan baca gratis, hingga layanan edukasi gratis. Memang gak bisa menggantikan interaksi dengan manusia langsung, tapi bisa lah menghibur sedikit!

Kebosanan ini juga bikin media sosial berseliweran dengan challenge sederhana yang sambung-menyambung. Hayo, pasti pernah lihat story Instagram gambar wortel atau jeruk, terus harus ikutan juga kan? Atau challenge ngepost foto masa kecil sampai challenge selfie. Banyak deh.

 

5. Hobi pakai masker

 

(Pinterest)

 

Kalau dulu pas flu aja  gak mau pakai masker, sekarang gak ada sakit pun pakai masker. Katanya sih menangkal virus, tapi sebenarnya ini gak perlu. Coronavirus itu tersebar melalui droplets (air liur habis bersin atau batuk) yang mengandung virus, bukan lewat partikel udara. Jadi yang harusnya pakai masker adalah orang yang sakit atau tenaga medis aja. Gak usah deh beli atau pakai masker kalau kamu gak sakit! Kasihan tenaga medis justru gak punya stok untuk mereka gunakan merawat pasien.

 

6. Rajin cuci tangan dan salaman tanpa sentuhan

 

(Pinterest)

 

Karena coronavirus tersebar lewat droplets, cara efektif menghilangkannya adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Nah buat kalian yang masih jarang cuci tangan, yuk segera! Menurut WHO, cara ini adalah cara paling efektif untuk menangkal coronavirus lho. Sudah berapa kali nih cuci tangan hari ini?

Selain cuci tangan, para generasi muda juga gak mau lagi nih salaman tangan, tangan kan tempatnya virus! Sekarang banyak banget gaya salaman tanpa bersentuhan yang dibuat untuk tetap bisa bersalaman kalau dibutuhkan. Contoh aja nih salam namaste ala Pak Jokowi. Pastikan juga untuk menjaga jarak sepanjang satu meter ya!

 

 (Detik)

 

7. Gak bisa lepas sama handsanitizer

 

(Shopee)

 

Kalau dulu yang punya hand sanitizer cuma segelintir orang, sekarang barang ini terasa wajib banget dimiliki semua orang. Apalagi kalau model gantungan yang sempat ngetren, pasti jadi lebih keren deh yang punya. Sangking banyaknya yang minat sama barang ini, di berbagai supermarket sempat ludes sama sekali lho!

Gara-gara stok sempat kosong, ramai deh tren bikin hand sanitizer sendiri. Kalau bahan dan alatnya terjamin, masih gak masalah. Tapi kalau bahan campuran dan alatnya gak terjamin, malah bisa jadi bahaya lho! Bukannya tangan bersih malah iritasi kulit, jadi masalah baru deh.

Dan juga jangan sampai karena stok kosong, kamu jadi ambil kesempatan buat cari untung ya! Misalnya dengan jual hand sanitizer dengan harga selangit atau borong larutan alkohol untuk dibuat hand sanitizer. Jangan. Hands anitizer dan larutan alkohol sangat dibutuhkan oleh tenaga medis di rumah sakit. Jangan sampai tenaga medis kehabisan stok dan jadi kesulitan untuk merawat pasien.

Itu dia beberapa dampak coronavirus terhadap kebiasaan milenial dan generasi Z. Kamu ngerasain yang mana nih? Sebagai generasi muda yang melek info, wajib banget buat kita bertindak rasional terhadap keadaan sekarang. Jangan lupa tetap di rumah dan jaga kesehatan ya! (*)

Related Articles
Entertainment
#StayAtHome, Intip Serunya Live Instagram Shawn Mendes dan Camila Cabello!

Entertainment
Self-Quarantine Seru Harry Styles: Pakai Face Mask sampai Belajar Bahasa Isyarat

Entertainment
Yuk Tiru #DiRumahAja Versi Emma Watson