Entertainment

6 Lagu Kunci Kesuksesan Go International BTS

Delima Pangaribuan

Posted on March 21st 2020

 

 
Harus diakui BTS saat ini sudah sah menjadi salah satu boygroup KPop tersukses di dunia. Kesuksesan itu jelas nggak lepas dari kerja keras dan keotentikan mereka, serta dukungan para fans yang juga loyal banget.
 
Buat para fans yang baru mengenal BTS akhir-akhir ini, mungkin penasaran juga bagaimana bisa boygroup yang berasal dari agensi kecil ini bisa sesukses sekarang. Nggak cuma di Korea Selatan aja, tapi di panggung internasional juga. Jalan panjang kesuksesan mereka terekam jelas dalam pencapaian demi pencapaian lagu-lagu mereka.
 
Koreaboo menghimpun enam lagu yang bisa dibilang paling penting dalam usaha mereka meraih kesuksesan di seluruh dunia. Lagu apa saja tuh?

 
 
1. Boy In Luv
 
 

Fans baru yang menonton Mnet Asian Music Award (MAMA) 2019 kemarin pasti sudah dengar lagu ini. 'Boy In Luv' dirilis tahun 2014, setahun setelah BTS debut. Lagu ini menjadi pembuka kesuksesan BTS dengan masuk ke chart musik Korea Selatan di urutan ke-45. Dan extended plays mereka yang berjudul 'Skool Luv Affair' juga berhasil menembus Billboard World Album Chart di urutan ke-3. Langkah pertama yang cukup mencengangkan pada saat itu.
 
 
 
2. I Need You

 
Setahun kemudian, BTS kembali menggebrak industri musik KPop dengan lagu barunya 'I Need You'. Nggak disangka-sangka, lagu ini sukses berat di Korea Selatan dan akhirnya mengantarkan BTS mendapat kemenangan music show pertama mereka di SBS. BTS pun sampai sekarang mengakui kalau kemenangan pertama mereka ini adalah yang paling berkesan.
 
 
 
3. Dope
 
 
BTS melanjutkan world domination-nya lewat lagu 'Dope'. MV 'Dope' menjadi MV pertama BTS yang mendapat views hingga 100 juta kali ditonton di YouTube. Pada era ini juga semakin banyak penikmat musik yang penasaran sama BTS karena fakta bahwa mereka datang dari agensi yang nggak ternama waktu itu.
 
 
4. Fire
 
 
Lagu 'Fire' yang rilis 2016 memberi BTS lebih banyak exposure meskipun masa promosinya terbilang singkat. Lagunya terbilang ikonik dan kerap dipakai sebagai background music di berbagai acara TV di Korea Selatan. Begitu dengar lagu ini, orang bakal langsung ingat BTS. Begitu juga sebaliknya, kalau mention BTS pasti orang bakal ingat sama lagu ini. BTS juga menampilkan lagu ini ketika tampil di MAMA 2016, dan tercatat sebagai salah satu performance panggung terbaik dalam sejarah musik KPop.
 
 
 
5. Blood, Sweat, and Tears (BS&T)
 
 
Selang beberapa bulan kemudian, masih di tahun 2016, BTS merilis album 'Wings' di mana salah title track-nya adalah BS&T. Lagu ini mengantarkan BTS meraih all-kill di semua tangga lagu Korea Selatan. Album 'Wings' juga masuk ke US Billboard 200 Chart di urutan ke-26.
 
 
6. Fake Love
 
 
World domination BTS makin menggila di eras 'Fake Love'. Menjadi title track di album 'Love Yourself: Tear', lagu ini mengantarkan BTS meraih penghargaan Top Social Artist di Billboard Music Award selama dua tahun berturut-turut, 2017 dan 2018. BTS juga menjadi idol KPop pertama yang menerima penghargaan itu. Album 'Love Yourself: Tear' juga meroket di US Billboard 200 Chart dengan meraih posisi nomor 1. (*)
Related Articles
Entertainment
Teori Album dan Film Barat yang Muncul di 7 Scene MV BTS

Entertainment
3 Alasan Kenapa BTS Puncaki Billboard 200 Merupakan Prestasi Luar Biasa

Entertainment
Masuk Billboard Hot 100, Lagu 'ON' BTS Duduki Peringkat 4!