Entertainment

Dengerin Karya Musisi Pendatang Baru di Playlist Spotify 'RADAR Indonesia'

Delima Pangaribuan

Posted on March 21st 2020

 

Lagu siapa yang paling sering kalian dengerin di Spotify? Mungkin artis-artis Barat atau penyanyi yang lagi nge-hits di Indonesia. Tapi, mungkin nggak banyak yang hobi mendengarkan lagu musisi-musisi pendatang baru. Tahu ada musisi itu saja belum tentu. Padahal, barangkali ada banyak banget artis pendatang baru berbakat yang sayang banget buat kita lewatkan.

Untuk memudahkan penggunanya menemukan musisi-musisi baru itu, Spotify sekarang punya program khusus. Melansir Billboard Indonesia, program itu bernama RADAR. Dikasih nama RADAR karena memang fungsinya "mendeteksi" artis-artis baru yang potensial dan bertalenta di kancah musik nasional maupun internasional.
 
Khusus dalam negeri, Spotify menyediakan playlist Radar Indonesia. Playlist ini memasukkan lagu-lagu artis pendatang baru dari berbagai genre. Dengan masuk ke playlist ini, harapannya artis-artis itu bisa mendapat panggung lebih dan semakin dikenal sama penikmat musik di Indonesia.
 
"Peluncuran program Radar merupakan perpaduan kemampuan terbaik Spotify dalam mengkurasi dan memasarkan para talenta global dan asia yang memukau. Playlist Radar Indonesia menghadirkan beberapa talenta paling menarik yang muncul di Indonesia saat ini," ungkap Asia Team Lead Music Culture and Editorial Spotify Boon Kee Wong kepada Billboard.
 
Beberapa nama yang masuk dalam playlist perdana Radar Indonesia antara lain ada Mawar De Jongh, Mahen, dan Monica Karina. Mawar De Jongh yang baru meluncurkan single keduanya "Lebih Dari Egoku" mengungkapkan rasa senangnya karena bisa berada di deretan artis-artis pendatang baru paling potensial versi Spotify.
 
 
 
Mawar De Jongh (Brilio)
 
 
"Sebagai seorang artis pendatang baru, terkadang saya merasa kesulitan mendapat eksposur. Oleh karena itu, program Radar ini sangat bagus karena saya jadi lebih banyak kesempatan dan lebih percaya diri mempromosikan musik saya ke pendengar yang lebih banyak lagi," ujar Mawar.
 
Selain Mawar, ada nama Mahen yang merupakan solois yang berangkat dari cover lagu di platform media sosial. Dia baru saja merilis lagu berjudul "Pura-Pura Lupa" yang juga mulai viral di dunia maya. Bahkan, lagu itu menembus Top 100 Billboard Indonesia.
 
 
 
 
Kemudian ada Monica Karina yang mengambil jalur genre musik EDM, Neo-Soul, dan R&B. Monica debut ada 2019 lalu dengan lagu "Skin To Skin" dan langsung mencuri perhatian pecinta musik electronic di Indonesia. 
 
 
 
 
Dari genre surf rock, ada band The Panturas yang juga masuk dalam jajaran atas Radar Indonesia. Musik-musiknya sarat akan beach beats dan old school rock, cocok buat pendengar yang suka sama musik rock lokal. Tapi kalau suka sama musik pop dengan rap badass, maka kamu cocok dengerin lagu-lagu Langit Sore yang juga masuk dalam urutan atas playlist unggulan ini. (*)
Artikel Terkait
Entertainment
Album Taylor Swift 'Folklore' Pecahkan Rekor 'Thank U, Next' Ariana Grande!

Entertainment
Apa Jadinya Kalau NIKI dan Lisa 'BLACKPINK' Beneran Berkolaborasi?

Entertainment
Konser Petra Sihombing hingga Dewa Budjana Malam Ini, Menemanimu #DiRumahAja!