Current Issues

Work From Home, Tradisi Kerja Presiden Amerika Serikat Lebih dari 200 Tahun

Delya Oktovie Apsari

Posted on March 21st 2020

Presiden ke-40 Ronald Reagan sedang makan bersama istrinya sambil menonton TV di kediaman Gedung Putih, 6 November 1981. (CNN/Reagan Library)

 

Bagi masyarakat Indonesia, Work From Home (WFH) mungkin masih menjadi hal baru. Yang tadinya diharuskan ngantor, kini justru 'dilarang' ngantor. Well, setidaknya ada dua profesi di dunia ini yang terbiasa WFH: freelancer dan Presiden Amerika Serikat (AS).

Yes, you read that right.

Dilansir dari CNN, para Presiden AS sudah terbiasa WFH selama lebih dari 200 tahun!

Seperti yang kita tahu, pekerjaan sebagai presiden memang nggak ada habisnya. Harus diingat pula, bahwa para presiden ini punya keluarga yang mereka cintai. WFH pun menjadi solusi mereka juggling antara menyelamatkan negara dan nyenengin anak-cucu.

Seperti yang dilakukan Abraham Lincoln. Presiden ke-16 AS ini bekerja sambil menjaga anak laki-lakinya, Tad. Tad ini terkenal super jahil. Bahkan, ketika main di Gedung Putih, Tad berhasil menyalakan seluruh lonceng pelayanan di sana berbarengan! Sedangkan anak-anak John F. Kennedy berhasil mengubah Kantor Oval menjadi ruang bermain. Kalau ini namanya apa ya? Home From Work? Hehehe.

 

John F. Kennedy bertepuk tangan sambil melihat anak-anaknya, Caroline Kennedy dan John F. Kennedy Jr. menari di Kantor Oval, 10 Oktober 1962. (CNN/Kennedy Library)

 

Presiden yang pernah melakukan WFH adalah Gerald Ford, Presiden AS ke-38. Kalau di sini, sepertinya kepanjangan WFH yang cocok adalah Work From Hotel. Ceritanya, Gerald Ford bekerja mengenakan piyama di sebuah hotel, ketika ia berada di Jepang.

 

Gerald Ford rapat bersama staf di President's Suite di Istana Akasaka, Tokyo, 19 November 1974. (CNN/Ford Library).

 

FYI, para presiden punya kediaman di Gedung Putih yang tentunya nggak jauh dari tempat kerja utama mereka, yakni Kantor Oval. Presiden yang memanfaatkan keuntungan ini adalah Ronald Reagan dan Barack Obama.

Usai bekerja, Reagan seringkali berjalan selama sekitar 45 detik dari Kantor Oval menuju kediaman untuk makan malam bersama the first lady. Reagan juga memiliki potret ketika ia sedang mengenakan piyama, dan menelepon staff di sebuah kabin di Eisenhower.

 

Ronald Reagan menelepon staf pagi-pagi berdiskusi terkait situasi di Grenada saat ia berada di kabin Esenhower, Augusta National Golf, Georgia, 22 Oktober 1983. (CNN/Reagan Library)

 

Sedangkan Obama pada tahun 2016, pernah menulis, "mungkin hadiah tak terduga paling hebat dari pekerjaan ini adalah tinggal di atas toko." Presiden ke-44 ini punya kebiasaan meninggalkan segala pekerjaannya untuk makan malam bareng istri dan anak-anak perempuannya tiap malam.

Kebiasaan unik lainnya saat WFH dilakukan oleh Harry S. Truman, presiden ke-33. Setelah bekerja, Truman biasa membaca buku di balkon. Sampai-sampai, balkon tersebut sekarang dijuluki 'Balkon Truman'.

 

Harry S. Truman dan first lady Bess Truman sedang membaca buku di 'Balkon Truman' di Gedung Putih pada tahun 1952. (CNN/Truman Library)

 

Kalau kamu gimana nih? Apa aja kebiasaanmu kalau lagi WFH? Share di kolom komentar ya! (*)

Related Articles
Current Issues
Internet Archive Bebaskan Masa Tunggu untuk Peminjaman 1,4 Juta Ebook Mereka

Interest
Baru Sebulan, Nintendo Switch Kembali Keluarkan Update Softwarenya

Interest
Monterey Bay Aquarium Berikan Edukasi Sejarah Lewat Game 'Animal Crossing'