Interest

Instagram Siapkan Fitur Baru ala Snapchat

Ferliansyah

Posted on March 21st 2020

Sumber foto: Vulcan Post

Ada kabar baru nih buat kalian pengguna setia Instagram! Yups, Instagram telah mempersiapkan fitur terbaru yang berkaitan dengan fitur direct message-nya. Fitur baru ini digadang-gadang memiliki kesamaan dengan salah satu fitur populer milik Snapchat, yakni 'Ephemeral Messaging'.

Fitur baru ini nantinya akan memungkinkan direct message atau pesan yang kalian kirim bisa terhapus secara otomatis ketika dibaca, ataupun dalam kurung waktu tertentu.

So, kalian bisa lebih aman dan tenang ketika berkirim pesan secara personal. Dan pastinya, nggak khawatir lagi kalo obrolan atau pesan kalian bisa bocor atau disadap orang lain.

Sebagaimana dilansir dari TechCrunch, fitur baru ini terkuak setelah Jane Manchun Wong, salah satu pakar IT, membagikan temuan uji coba fitur tersebut melalui akun twitternya.

Ia bercerita bahwa fitur tersebut muncul ketika pengguna Instagram menggunakan emoji "speak no-evil" pada laman atau jendela olah pesan atau fitur Direct Message. Saat itu secara langsung laman DM akan berubah menjadi mode gelap. Dan ketika laman obrolan mode gelap tersebut ditutup, maka pesan yang dikirim dalam mode gelap akan terhapus.

Well, fitur baru itu masih tahap uji coba dan belum tersedia untuk umum, guys. Juru bicara Facebook pun telah mengkonfirmasi bahwa fitur tersebut sedang diusahakan secepatnya bisa dirilis secara massal.

"Kami selalu mencoba menjelajahi fitur-fitur baru untuk meningkatkan pengalaman olah pesan pengguna. Fitur ini masih dalam pengembangan awal dan tidak diuji secara eksternal."

Hal serupa ditegaskan melalui cuitan di Twitter bahwa mereka (Instagram) belum memberikan jadwal pasti kapan fitur ini akan secara resmi diluncurkan. Beberapa fitur prototipe yang sedang dalam proses uji coba memang tidak semua berhasil diluncurkan. Tapi, fitur-fitur sebelumnya yang berhasil diketahui oleh Jane Wong akhirnya benar-benar diluncurkan beberapa bulan kemudian. 

Kehadiran fitur baru ala Snacpchat ini seolah-olah menunjukkan ambisi Facebook untuk dapat mengalahkan layanan aplikasi Snapchat. Sebelumnya, pada tahun 2014 Facebook telah meluncurkan aplikasi pesan singkatnya sendiri, "Slingshot".

Aplikasi itu muncul setelah Snapchat menolak akuisisi Facebook senilai USD 3 milliar. Sayangnya, aplikasi tersebut tidak bertahan lama. Facebook memutuskan untuk menutup aplikasi tersebut setahun kemudian.

Instagram juga nyatanya sukses besar setelah berhasil mengadopsi salah satu produk layanan stories singkat milik Snapchat. Jumlah pengguna layanan Instagram story meroket tajam mencapai angka 500 juta pengguna setiap harinya. Angka itu didapat pada 2018. Capaian itu membuat Instagram bisa menyalip Snapchat yang hanya mampu mencapai jumlah pengguna sebanyak 218 juta per hari.

Instagram story juga dituding menjadi penyebab pengguna Snapchat secara perlahan terus menurun. Jika Instagram benar-benar akan meluncurkan fitur baru terkait direct message itu, maka Snapchat nampaknya harus kembali bersiap kehilangan para penggunanya. Btw, kamu masih pakai Snapchat?(*)

Artikel Terkait
Tech
Pengguna Keluhkan Fitur Fleets di Twitter

Interest
Baru! Instagram Resmi Luncurkan Fitur DM versi Desktop

Interest
10 Aplikasi Terbaik Sepanjang Satu Dekade Terakhir Versi Business Insider