Current Issues

Kalian Mulai Stres saat Self Isolation? 5 Cara Ini Bisa Mengatasinya

Hani Ayu Rahmatiah

Posted on March 20th 2020

Source: Tiny Buddha

Tahu kah kamu, menurut para pengamat dan praktisi, setelah Coronavirus mewabah tingkat stres dan kecemasan orang-orang di sekitar kalian tuh pada naik. Bahkan sampe paranoid sendiri ketika udah ada kerasa sakit-sakit gitu di badan. Udah ke mana-mana pasti pikirannya.

Dilansir dari The Guardian, Psikolog Jo Hemmings membagikan cara cara bagaimana mengatasi stres dan cemas berlebih saat melakukan self-isolation. Disimak baik-baik yaa..

 

1. Buat "Worry Window"

Emang sih, pemberitaan dan informasi tentang Coronavirus banyak banget di media. Baik cetak, online maupun juga media sosial. Sampe kita kadang gak tahu lagi mana yang bener-mana yang salah.

Ketika informasi udah terlalu banyak yang masuk kaya gini, coba sisihkan waktu satu jam sehari atau masing-masing 30 menit di pagi dan sore hari untuk benar-benar merasakan kecemasan yang kamu rasakan, lalu keluarkan semuanya lewat  "jendela" yang ada di pikiranmu. Di luar waktu satu jam itu, gak usah dipikirin lagi soal Coronavirus.

 

2. Filter Informasi

Saat ini kita memang gak bisa mengkontrol informasi apa aja yang muncul. Tapi kalian bisa memfilter informasi mana saja yang bisa kita percaya. Temukan informasi-informasi dari sumber yang bisa dipercaya, jangan asal telen info yang gak jelas asal usulnya.

 

3. It's Just A Pleasure

Banyak dari kita yang kaget ketika harus #StayatHome. Yang biasanya sibuk di sekolah, sibuk les atau ekskul, sekarang malah bisa rebahan di rumah. Gak kaya biasanya. Kamu bakal ngerasa cemas dan nggak betah kalau terus ngerasa, "Aku gak bisa rebahan gini doang". Nikmatin aja dulu momen di mana kamu bisa ngabisin dua season serial favoritmu dalam satu hari. It's not a guilty pleasure, it's just a pleasure.

 

4. Stressnya jangan dipendam

Berapa banyak dari kalian yang diam-diam aja, nggak mau ngaku lagi bete, atau lagi pusing akibat #StayatHome ? Mungkin karena kalian takut dibilang lemah dan kesepian?

Come on, kecemasan dan stres itu makin parah kalo dipendam sendiri lho. Coba dikeluarin dengan curhat online ke temen terdekatmu atau siapapun yang kamu percaya. Asal jangan ke mantanmu. Hehehe

 

5. Buat Rutinitas

Oleh karena #stayatHome bikin apa yang kamu lakukan terasa lebih pasti, coba bangun rutinitas-rutinitas baru yang selama ini kamu skip atau belum pernah lakukan. Seperti tidur tepat waktu, baca buku satu jam sehari, atau olahraga tiap pagi dan sore. Kegiatan seperti inibisa bikin hari yang kamu lalui lebih produktif.(*)

Related Articles
Current Issues
10 Cara Mengurangi Stres Gara-gara Coronavirus dari Pakar Kesehatan Mental

Interest
Yuk, Ikutan 'Until Tomorrow' Challenge! Begini Caranya

Interest
WHO Dukung Mabar Selama Self-quarantine