Interest

Sony Beberkan Detail Spesifikiasi PlayStation 5, Jadi Kapan Diluncurkan?

Kemara Gumilang

Posted on March 20th 2020

Sony kembali membuat publik memperbincangkan kemunculan Playstation 5 (PS5). Sebab, Lead system architect Sony Mark Cerny menunjukan model terbaru untuk konsol PlayStation 5 lewat sebuah video. Video dengan durasi satu jam itu menjelaskan spesifikasi PS5.

Cerny menjelaskan rincian tentang AMD GPU custom RDNA 2 berbasis sistem. Perangkat ini bisa mengurangi konsumsi daya dan pengotimalisasi kinerja.Di dalamnya tertanam 36 unit komputasi yang berjalan pada frekuensi yang dibatasi pada 2,23GHz --setara dengan 58 unit komputasi PlayStation 4.

Konsol terbaru besutan Sony ini juga mampu secara otomatis menurunkan frame rate jika suhu sekitar mulai terlalu panas. Dengan menggunakan fungsi baru yang disebut "boost".

Selain itu Cerny juga menjelaskan seberapa cepat kemampuan SSD yang terdapat pada PlayStation 5 nantinya. Kecepatan yang dapat dicapai dengan SSD adalah 5 GB per detik, secara efektif akan meminimalisir layar loading.

Hal ini juga berarti desain game untuk pengembang ke depan akan berubah: konsol tidak perlu lagi disegmentasi untuk menyembunyikan waktu loading karena proses merender lebih cepat.

Dan untuk menghilangkan kemungkinan kemacetan, SSD juga memiliki pengontrol flash khusus dengan enam tingkat prioritas. Sehingga secara otomatis alat ini tahu apa yang perlu diprioritaskan pada saat-saat tertentu ketika dijalankan untuk permainan.

PlayStation 5 juga akan memiliki mode legacy PS4 dan PS4 Pro tyang disertakan dalam sistem. Hal ini yang mampu membuat PS5 memainkan permainan-permainan konsol tersebut (PS4 dan PS4 Pro).

Cerny juga menyentuh tentang bagaimana audio 3D. Menurut dia, ini menjadi fokus utama untuk pengembang dalam menggarap PlayStation 5. Berikut ini spesifikasi utama PlayStation 5. (*)

CPU: x86-64-AMD Ryzen Zen 2, eight cores, variable frequency, up to 3.5 GHz

GPU: AMD Radeon RDNA 2-based graphics engine, variable frequency, up to 2.23 GHz (10.3 Tflops)

System memory: GDDR6 16GB

SSD: 825GB, 5.5GB/s read bandwidth (uncompressed)

Game disc: Ultra HD Blu-ray, up to 100GB/disc

Video out: Support of 4K 120Hz TVs, 8K TVs, VRR (specified by HDMI ver 2.1)

Audio: Tempest 3D AudioTech

Related Articles
Hobi
Mengapa PlayStation 5 Tidak Laku di Jepang?

Tech
PlayStation di Rumahmu itu Ternyata Hanya Dirakit dalam 30 Detik

Interest
Sony Kucurkan Dana Rp 156 M untuk Bantu Industri Game Indie Selama Pandemi