Interest

6 Penulis dan Situs yang Menggratiskan Buku Mereka untuk Dukung Self-Quarantine

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 19th 2020

(Dribbble)

 

Di tengah merebaknya coronavirus di seluruh dunia, kita diimbau untuk tetap di rumah alias stay at home. Tindakan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran coronavirus ke lebih banyak orang lagi. Nah, kalian yang suka baca kehabisan bahan bacaan? Coba deh cek penulis dan situs di bawah ini buat menambah bacaan kalian! Kalian bisa unduh buku-buku mereka gratis, lho!

 

1. Paulo Coelho

 

(Amazon)

 

Penulis buku “The Alchemist” ini memberikan buku karyanya secara cuma-cuma dalam rangka mendukung pandemi COVID-19. Buku-buku ini dipost di website resminya dan bisa diunduh gratis dalam bentuk file .epub.

 

Buku Gratis di Website paulocoelhoblog.com

 

Caranya mudah, cukup kunjungi website resminya lalu klik cover buku yang diinginkan. File akan otomatis terunduh dan tinggal baca deh! Untuk baca file .epub kamu perlu e-book reader yang bisa kamu unduh di Play Store atau App Store. Banyak banget pilihan ebook reader yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

 

2. J.S. Khairen

 

 

Penulis asal Indonesia ini juga turut mendukung gerakan #DiRumahAja dengan menggratiskan buku-buku karyanya. Buku-buku ini buku best-seller lho! Walaupun kesannya merugikan dirinya, ia bangga bisa berbagi untuk mendukung gerakan self-quarantine sebagai pencegahan coronavirus.

 

Buku Gratis dari J.S. Khairen

 

Untuk buku “Kami (Bukan) Sarjana Kertas” dan “Kami (Bukan) Jongos Berdasi” bisa diunduh gratis melalui Google Play Books. Nanti setelah klik tautannya, klik “tambahkan ke perpustakaan”. Gak usah khawatir diminta metode pembayaran. Klik saja metode yang dimiliki, nanti gak akan terpotong alias Rp0,-. Jangan lupa segera unduh bukunya karena buku-buku ini cuma gratis sampai akhir minggu ini. Selengkapnya bisa lihat utas Twitter @JS_Khairen ya!

 

Pesan dari J.S. Khairen

 

3. Neil Gaiman

 

(unclerave.wordpress.com)

 

Melalui akun Twitter resminya, Neil Gaiman mengajak para followersnya untuk mengunjungi dua websitenya yaitu neilgaiman.com dan mousecircus.com. Di sana terdapat beberapa karyanya yang bisa dinikmati selagi self-quarantine di rumah.

Bukan buku, penulis buku “Coraline” ini menghibur para pembacanya dengan cerita pendek, esai, dan video story telling. Walaupun bukan buku, penggemar mana sih yang gak bakal baca tulisan Neil Gaiman? Novelnya aja keren-keren, apalagi cerita pendek atau tulisan lainnya!

 

Website neilgaiman.com

 

Website mousecircus.com

 

4. Colleen Hoover

 

(Pinterest)

 

Peka terhadap kebosanan yang mungkin kita rasakan, Colleen Hoover juga ikut menggratiskan buku karyanya melalui website jual-beli Amazon. Ia berharap bukunya ini bisa sedikit menghibur di kala coronavirus yang sedang menjangkiti berbagai negara di dunia.

 

Twitter @colleenhoover

 

Melalui tweetnya, ia membagikan tautan untuk mendapatkan buku-buku tersebut. Ada buku "Verity", "Hopeless", "Too Late", dan "Never Never". Untuk mengunduhnya, kita perlu sign-in di website atau aplikasi Amazon dan mengatur negara kita menjadi United States. Setelah itu, kita bisa mengunduh buku-buku romantis tersebut dalam format Kindle nih! Segera unduh ya, soalnya penawaran ini cuma sampai 20 Maret mendatang.

 

5. Scribd

 

Tampilan Website Scribd

 

Website satu ini cukup banyak dikenal untuk mencari referensi tugas. Namun gak cuma referensi, kita bisa baca buku, mendengarkan audiobook, hingga membaca majalah. Katanya sih, website ini punya pustaka terlengkap dibandingkan website lainnya.

 

Instagram @scribd

 

CEO Scribd menyatakan bahwa sejak coronavirus merebak, akses untuk buku dan informasi terasa sangat penting. Oleh karena itu Scribd dibuat gratis untuk satu bulan ke depan supaya masyarakat bisa menikmati jutaan pustaka secara mudah. Diharapkan keadaan kita bisa jadi sedikit lebih baik nih dengan tersedianya buku favorit atau referensi informasi yang lengkap.

Normalnya kita perlu membayar sekitar Rp70.000,- untuk satu bulan berlangganan dan perlu pembayaran dengan kartu kredit. Setelah digratiskan, kita juga gak perlu mendaftarkan kartu kredit untuk sign-in website atau aplikasinya. Tapi buka websitenya harus lewat tautan di Instagram Scribd (@scribd) atau Twitter @Scribd.

 

Twitter @Scribd

 

Instagram @scribd

 

6. Haymarket Books

 

Website haymarketbooks.org

 

Website satu ini menggratiskan 10 e-book pilihan mereka untuk dua minggu ke depan. 10 buku ini bisa diunduh di tautan website mereka. File yang didukung ada dua, yaitu Kindle dan .epub. Kamu bisa pilih sesuai yang kamu mau, bahkan mengirimkannya lewat email.

 

Contoh setelah memilih buku yang diinginkan

 

Selain buku gratis, di website ini kita juga bisa melihat info tentang event buku, komunitas, buku baru, dan tentunya belanja buku. Lengkap banget deh!

Nah, itu dia enam penulis dan website yang menggratiskan karyanya untuk mendukung gerakan stay at home. Yuk, tetap di rumah dan baca buku! (*)

Related Articles
Interest
Novel Thriller 'Lockdown' yang Dulu Ditolak, Dirilis karena Mirip Pandemi Corona

Interest
Indosat, XL, Axis Berikan Kuota Gratis untuk Akses Aplikasi Ruangguru!

Interest
7 Olah Raga Ringan yang Bisa Kamu Lakuin di Rumah