Current Issues

Mulai dari Dokter hingga Artis Bikin Konten Cegah Coronavirus di TikTok

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 18th 2020

Coronavirus telah masuk ke Indonesia. Kita jadi was-was nih, jangan sampai kita terjangkit. Banyak upaya pencegahan yang bisa dilakukan, mulai dari kebijakan social distancing hingga rutin mencuci tangan.

Sayangnya, gak semua masyarakat sadar nih akan pentingnya pencegahan coronavirus. Gak sedikit yang menganggap sepele virus ini, padahal kekuatannya gak main-main.

Beragam kalangan mulai berusaha meningkatkan kesadaran akan pencegahan coronavirus. Mulai dari dokter, pemerintah, hingga artis. Bahkan beberapa di antara mereka menggunakan media yang lagi ngehits banget yaitu TikTok! Gimana ya cara mereka? Yuk kita simak!

1. Halodoc


Tiktok @halodocid

Aplikasi kesehatan, Halodoc, ikutan main TikTok lho! Akun TikTok mereka @halodocid sudah memiliki hampir 70 ribu pengikut. Di sana mereka menunjukkan tips-tips kesehatan untuk menghadapi coronavirus seperti cara sederhana mencegah coronavirus

 

Dengan lagu berjudul Emergency, para dokter dan tenaga medis mengikuti beat lagu sambil mengedukasi penonton nih. Kita harus pakai masker kalau sakit, gak boleh sentuh wajah agar mencegah virus masuk, selalu rutin bersihkan tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan konsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. TikTok berisi cara sederhana melawan coronavirus ini sudah ditonton 6,7 juta kali lho!

 

2. Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo


TikTok @djikp


Gak mau ketinggalan, lembaga pemerintah satu ini juga bikin akun TikTok! Lebih dari 20 ribu pengguna sudah mengikuti akun @djikp. Salah satu video mereka yang paling banyak ditonton nih, 6,7 juta views, adalah video tentang etika batuk.

 

Kalau kita batuk, gak boleh lho kita tutup dengan telapak tangan kita. Jauh lebih baik kita tutup dengan bagian lengan dalam atau gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung kita. Jangan lupa, kalau kita sakit, gunakan masker untuk mencegah droplets keluar dari hidung atau mulut kita.



3. Alodokter


Tiktok @alodokter.id 

Satu lagi aplikasi kesehatan yang ikut main TikTok! @alodokter.id sudah punya lebih dari 88 ribu pengikut lho! Di antara tips-tips kesehatan yang dikemas asyik, ada satu video nih yang punya 3,4 juta views. TikTok ini adalah “6 Langkah Cuci Tangan” dengan lagu TikTok hits, Back to the Beat.

 

Mencuci tangan memang gak boleh sembarangan agar segala kuman, bakteri, dan virus bisa hilang sepenuhnya. Cuci tangan juga harus dengan air mengalir dan sabun agar tangan kita bersih sempurna!

 

4. Rossa dan Melly Goeslaw


TikTok @rossa.official

Di akun TikTok @rossa.official, Rossa dan Melly Goeslaw mencontohkan etika bersin yang baik. Kedua diva Indonesia ini kompak melakukan gerakan bersin dan menggunakan tisu serta masker sesuai beat lagu ”Bagaikan Langit”. Lagu karya Melly Goeslaw ini memang lagi ngetrend dipakai di TikTok.


5. Vidi Aldiano


TikTok @vidi.aldiano

Di akun TikTok @vidi.aldiano, penyanyi satu ini juga turut memberikan edukasi tentang etika batuk dengan lagu Emergency. Kalau kita batuk, harus lho menutup mulut dan hidung kita dengan tisu, lalu buang tisu itu ke tempat sampah yang tertutup. Kalau gak punya tisu, tutup dengan lipatan siku dalam kita. Jangan lupa, selalu bersihkan tangan kita dengan cara mencuci tangan atau gunakan larutan alcohol minimal 70 persen jika gak bisa mencuci tangan.

 

6. Afgan



Serupa dengan video TikTok, Afgan juga turut menyebarkan cara pencegahan coronavirus dengan mencuci tangan. Uniknya nih, ia membuat video tersebut dengan keponakan-keponakannya yang lucu! Terlihat deh gimana keseruan belajar cuci tangan mereka di video IGTV Instagram @afgansyah.reza. Mendidik banget ya?

Nah, itu dia artis hingga dokter yang turut menyebarkan cara pencegahan coronavirus dengan cara yang asyik. Bisa nih follow akun TikTok atau sosial media mereka untuk dapetin info-info menarik tentang coronavirus. Yuk, praktekkan tips mereka dan selalu jaga kesehatan!

Related Articles
Current Issues
Jadi Orang Pertama yang Divaksin Covid-19, Perempuan Ini Bagikan Pengalaman

Current Issues
Redam Hoax Coronavirus, WHO Kolab Bareng Tiktok

Entertainment
TikTok Luncurkan Celebrity-Hosted, Livestream Para Seleb Hingga WHO