Interest

Pemkot Surabaya Sediakan Hand Sanitizer Gratis, Bisa Dipakai di Sini

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 17th 2020

(Instagram @dishubsurabaya)

 

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bergerak cepat menghalau masuknya coronavirus ke Kota Surabaya. Upaya pencegahan mulai dari pemasangan wastafel portable dan pembagian masker gratis telah dilakukan. Kemudian, Pemkot Surabaya juga menyediakan hand sanitizer gratis untuk masyarakat Surabaya.

Dilansir dari humas.surabaya.go.id, Dinas Kesehatan (Dinkes) telah membuat cairan pembersih tangan itu sejak cairan tersebut langka di awal bulan Maret. Sejak itu juga dilakukan uji mikrobiologi dan terbukti tidak ada pertumbuhan kuman. Hand sanitizer ini juga sudah diizinkan beredar oleh BPOM, asalkan tidak diperjualbelikan.

Hand sanitizer ini disebar di tempat-tempat umum seperti Mal Pelayanan Publik Siola, kantor pelayanan kecamatan, kelurahan, taman, balai kota, sekolah, dan tempat wisata yang dikelola Pemkot Surabaya. Bahkan halte dan armada Bus Suroboyo juga telah dilengkapi hand sanitizer. Pemkot juga berencana membagikan hand sanitizer kepada ojek online dan bus Damri.

 

(Instagram @suroboyobus)

 

Menurut Kepala Seksi Penunjang Medik RSUD Soewandhie Surabaya, Nevi Rahmi Alfiasari, masa kadaluarsa hand sanitizer tersebut adalah satu bulan setelah tanggal diproduksi. Dalam jangka waktu itu, hand sanitizer masih stabil dan layak untuk digunakan. Ia juga menambahkan, bahwa formula hand sanitizer ini telah sesuai dengan formula yang direkomendasikan WHO.

Selaras dengan gerakan tanggap Pemkot Surabaya, selebriti ternama juga mulai menunjukkan kepeduliannya terhadap coronavirus ini dengan berbagai cara. Seperti Melanie Subono, musisi Indonesia yang mengajak para followers Instagramnya untuk menyumbangkan masker atau dana untuk ia bagikan ke orang yang membutuhkan.

 

(Instagram @melaniesubono)

 

Untuk skala lebih besar ada Bill Gates, miliader dunia juga turut membantu melalui yayasan yang dimilikinya. USD 10 juta ia gelontorkan untuk mendanai teknologi deteksi, isolasi, dan perawatan bagi orang yang didiagnosa terjangkit coronavirus. Detailnya adalah USD 20 juta untuk WHO China, USD 20 juta untuk operasi darurat Afrika dan Asia Selatan, dan USD 60 juta untuk pengembangan vaksin dan perawatan yang lebih baik.

Nah, keren banget ya upaya pencegahan dan penanggulangan coronavirus yang mereka lakukan? Yuk, turut bantu pencegahan dan penanggulangan virus ini dengan kemampuan yang kita punya. Jangan lupa, jaga kesehatan selalu ya! (*)

Related Articles
Interest
Siap-siap, Jawa Timur Bakal Mulai Terapkan PSBB Akhir April

Interest
Jokowi Resmi Larang Mudik, Siap-Siap Kena Sanksi Jika Masih Nekat

Interest
Jangan Panik! Ini Gejala Serta Cara Mencegah Coronavirus dari Kemenkes dan WHO