Current Issues

#MuseumFromHome: Kunjungi Museum dan Galeri Seni Ternama Dunia Secara Virtual

Vita Kartika

Posted on March 17th 2020


Sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran coronavirus, berbagai tempat hiburan dan kebudayaan di seluruh dunia ditutup sementara. Termasuk juga sederet museum-museum ternama yang pasti termasuk dalam bucket list para wisatawan. Seperti Musee du Louvre di Perancis, Museum Vatikan, Metropolitan Museum of Art di New York, Museum Smithsonian, Museum Nasional Korea, dan sebagainya.

Padahal, melihat karya seni terbukti dapat mengurangi stres dan gangguan kecemasan—dua hal yang sangat mungkin terjadi di tengah adanya wabah pandemik COVID-19 ini. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Semir Zeki, profesor Neuroaesthetics di University College London, melihat karya seni bisa memberikan efek bahagia yang kurang lebih sama dengan jatuh cinta. Yup, art terbukti bisa jadi mood booster, lho!

Karenanya, dilansir dari TIME, baru-baru ini marak tagar #MuseumFromHome yang berisikan beragam informasi dari berbagai museum di seluruh dunia. Mulai dari koleksi karya seni yang mereka miliki, sampai sesi-sesi diskusi yang dilangsungkan secara online. Sekarang, kita nggak perlu beli tiket pesawat untuk jauh-jauh mengunjungi museum. Sebab museum yang akan mendatangi kita secara virtual!

 Nggak percaya? Yuk simak di bawah ini!

Google Arts & Culture

Salah satu tampilan virtual reality dari Google Arts & Culture (foto:Google Arts & Culture)

Bekerjasama dengan lebih dari 500 museum dan galeri di seluruh dunia, Google bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap seni. Platform ini memungkinkan user untuk browsing koleksi-koleksi yang ada di museum, sekaligus memakai fitur Interior Street View dari Google untuk ‘berjalan-jalan’ di lorong-lorong galeri.

Beberapa museum yang tergabung dalam Google Arts & Culture di antaranya adalah Van Gogh Museum di Amsterdam, Museum of Modern Art di New York, Galeri Nasional London, Musee d’Orsay di Paris, dan National Museum of Modern and Contemporary Art di Korea Selatan.

Nggak cuma berdasarkan lokasi, kalian bahkan juga bisa browsing daftar museum berdasarkan era koleksinya, atau artist yang membuat karya tersebut. Penasaran? Langsung saja kunjungi www.artsandculture.google.com ya. Selamat explore!


The Louvre Museum

Nggak perlu repot-repot ngantre buat masuk ke Museum Louvre (foto:france.fr)

Museum ternama di Perancis ini juga punya akun online sendiri, lho. Melalui www.louvre.fr/en/visites-en-ligne kalian bisa ‘mengunjungi’ koleksi Egyptian Antiquities yang ada di Musée du Louvre.

Kalian juga bisa berkelana di area parit, jembatan, dan dermaga tua yang berada di sekitar museum, karena Louvre sendiri pada awalnya dibangun sebagai benteng. Selain itu, kalian juga bisa melihat kemegahan Galerie d’Apollon, salah satu ruangan paling ikonik dan megah di Museum Louvre yang mulanya dirancang untuk menjadi ruang resepsi bagi Louis XIV.


The Smithsonian National Museum of Natural History

Wah, pasti asik banget bisa berkeliling di museum ini! (foto:Trolley Toura)

Buat para pecinta artefak sejarah, tur virtual dari The Smithsonian National Museum of Natural History ini cocok banget bagi kalian! Kunjungi saja www.naturalhistory.si.edu/visit/virtual-tour untuk melihat-lihat pameran sejarah yang penuh dengan koleksi eksotis dari seluruh dunia di museum ini. Termasuk ruangan The Butterfly Pavilion dan The African Bush Elephant.


David Zwirner Gallery

Salah satu pameran seni di David Zwirner Gallery yang berlokasi di New York (foto:David Zwirner)

Dengan ditutupnya museum dan galeri sampai waktu yang masih belum dapat dipastikan, bukan saja orang-orang nggak bisa melihat pameran seni, tapi banyak juga yang jadi missing out berbagai diskusi seni, bincang kuratorial, dan berbagai event spesial lainnya. Untuk itu, David Zwirner Gallery yang berlokasi di New York, London, Paris, dan Hong Kong membuat beberapa kanal podcast.

Melalui www.davidzwirner.com/podcast yang memfitur deretan artist seperti Jeff Koons dan Alex Da Corte. Podcast ini diharapkan bisa menjembatani berbagai diskusi seni, walaupun hanya secara virtual.

Gimana, sudah siap berkeliling dunia dan mengunjungi museum dan galeri seni ternama ini?(*)


Related Articles
Current Issues
Bletchley Park, Latar Film 'Imitation Game' Terancam Ditutup Akibat Pandemi

Interest
Menyaksikan Kondisi Sosial-Politik Lewat Bienalle Jogjakarta XV Ekuator #5

Interest
Merayakan Seni Media Anak Bangsa di ArtJog 2018