Entertainment

Coronavirus Serbu Amerika Serikat, 'Map of the Soul: 7 Tour' BTS Terancam Batal

Delima Pangaribuan

Posted on March 16th 2020

 
Gara-gara penyebaran Coronavirus di Korea Selatan yang makin parah sejak Februari lalu, Big Hit Entertainment dan BTS memutuskan buat membatalkan konser pembuka Map of the Soul: 7 Tour. Konser itu sebenarnya akan digelar di Seoul, 11-12 April dan 18-19 April 2020. Nggak ditunda doang, tapi benar-benar dibatalkan.
 
Tapi, Big Hit sebenarnya tetap melanjutkan rencana untuk mengadakan tur dunia. Penjualan tiket tetap dibuka di berbagai negara, salah satunya Amerika Serikat. Namun, nggak disangka kalau sekarang wabah Covid-19 telah menyebar ke seluruh dunia juga, gak cuma di negara-negara Asia.
 
Fans pun mulai khawatir kalau konser BTS ini bakal ditunda atau dibatalkan juga di negara-negara mereka. Melansir Korea Herald, konser BTS di negara tujuan kedua mereka alias Amerika Serikat berisiko batal setelah virus itu dinyatakan sebagai pandemi dan ikut mewabah di Negeri Paman Sam. 

 
Menurut guideline yang dikeluarkan American Center for Disease Control and Prevention (CDC), otoritas meminta seluruh promotor yang mengadakan konser selama delapan minggu ke depan untuk membatalkan atau menunda kegiatan mereka. Aturan itu diterbitkan Senin (16/3), artinya bakal berlaku setidaknya sampai tanggal 16 Mei mendatang.
 
Padahal jika sesuai jadwal, BTS sudah menjajaki kota-kota di AS untuk tur dunia mereka pada 25-26 April. Dimulai dari Levi's Stadium, Santa Clara. Kemudian lanjut ke Los Angeles pada 2-3 Mei dan Dallas pada 9-10 Mei. Total ada enam konser yang otomatis batal sesuai imbauan CDC.
 
Pekan lalu, pihak Levi's Stadium juga mengumumkan akan menutup sementara venue mereka sampai waktu yang belum ditentukan. Sampai saat ini belum ada pengumuman apa-apa dari Big hit terkait jadwal konser itu. Nggak cuma BTS saja yang terdampak, bahkan penyanyi sekelas Celine Dion dan Taylor Swift pun akhirnya terpaksa menunda konser mereka di Amerika.

 
RM sempat membagikan kekhawatirannya soal jadwal konser mereka waktu muncul di Vlive 10 Maret lalu. Dia menggakui bahwa situasi yang ada sekarang membuat dia dan kawan-kawannya dalam BTS gak bisa melakukan segala sesuatu sesuai rencana. 
 
"Karena situasi yang semakin sulit, banyak hal yang nggak berjalan dengan sempurna sesuai keinginan kami. Tapi tetap saja senang rasanya mengetahui musik kami sudah muncul dan mendapat sorotan dari dunia. Ini membuat frustrasi dan sulit, mengetahui kami cuma bisa melakukan sedikit hal (untuk bisa mengubah situasi), tapi kami akan terus melanjutkan langkah kami sebanyak yang kami bisa," ujar RM. (*)
Related Articles
Entertainment
Alasan BTS Rilis Teaser Comeback di TikTok dan Bukan YouTube

Entertainment
Alasan Pengamat Yakin BTS Bakal Masuk Nominasi Grammy Tahun Depan

Entertainment
7 Fakta yang Ditemukan ARMY di V-LIVE Comeback BTS 'Bo-Ra-Hae'