Interest

Donald Trump Negatif Coronavirus

Ridho

Posted on March 15th 2020

Publik Amerika Serikat akhirnya tenang. Sebelumnya mereka khawatir tentang kabar Presiden Amerika Serikat, Donald Trump tertular Coronavirus atau COVID-19. Setelah Trump melakukan serangkaian tes pada Sabtu malam (14/3) waktu setempat, Gedung Putih menyatakan sang presiden negatif Coronavirus.

Sebagai informasi, sebelum diadakan tes, Trump baru-baru ini sempat melakukan kontak dengan tiga orang yang dinyatakan positif terkena Coronavirus. Termasuk anggota delegasi Presiden Brasil yang mengunjungi resor milik Trump di Florida.

"Satu minggu setelah makan malam dengan delegasi Brasil di Mar-a-Lago, Presiden masih sehat dan tak menunjukkan gejala," ujar Sean Conley, dokter presiden, dikutip dari laman NYPost.

Hari Sabtu lalu, Trump mengatakan kepada wartawan pada sebuah pertemuan di Gedung Putih bahwa suhu tubuhnya benar-benar normal. Pada pertemuan itu, Trump juga membahas upaya pemerintah untuk menghentikan penyebaran Coronavirus. Pandemi ini telah menginfeksi lebih dari 2.200 orang di AS dan menyebabkan sedikitnya 50 kematian.

Ada satu hal yang membuat Trump dilema. Ia yang tahu bahwa tiga orang itu positif Coronavirus, tetap mengajak bersalaman. Menurutnya bersalaman adalah kebiasaannya yang sudah ia lakukan sejak menjadi politisi. 

Persebaran Coronavirus di Amerika Serikat.

Pada konferensi pers hari Jumat --untuk mengumumkan keadaan darurat nasional-- Trump juga dengan penuh semangat berjabat tangan dengan beberapa eksekutif perusahaan. Meskipun para pakar kebijakan kesehatan pada satuan tugas Coronavirus Gedung Putih telah mendesaknya untuk menghindari kontak fisik sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus.

Mulai hari Sabtu kemarin, Gedung Putih mengumumkan bahwa mereka sekarang melakukan pemeriksaan suhu badan pada siapa saja yang berhubungan dekat dengan Trump dan Wakil Presiden Mike Pence.

Pence juga menulis memo kepada staf Gedung Putih untuk mengambil tindakan pencegahan seperti menghindari kontak fisik, sering mencuci tangan, dan tinggal di rumah saat mengalami masalah kesehatan.

"Sangat penting bagi kita masing-masing untuk mengambil bagian dalam tindakan pencegahan Coronavirus ini. Sebab ini salah satu upaya yang tepat untuk menjaga diri kita dan kolega kita aman," tulis Pence.(*)

 

Related Articles
Interest
Sebut Corona 'Chinese Virus', Lana Condor 'To All the Boys' Kritik Trump

Interest
Keren! Remaja 16 Tahun Terbangkan Pesawat Kirim Bantuan Medis Ke Desa Terpencil

Interest
Indonesia Dipilih Korea Selatan sebagai Penerima Utama Ekspor Test Kits Covid-19