Interest

Instagram Hilangkan Filter Becandaan Terkait Coronavirus

Delima Pangaribuan

Posted on March 14th 2020

Penyebaran Coronavirus yang makin meluas di dunia memang harus disikapi dengan bijak. Gak harus panik, tapi juga jangan buat  bercandaan. Seperti yang dilakukan pengguna Instagram yang membuat filter soal Coronavirus. Instagram pun geram dan menghapus filter itu.

 
New York Post melaporkan beberapa hari yang lalu memang maraknya filter berbau Coronavirus di Instagram. Filter yang dimaksud ada yang berupa gambar masker dengan "hiasan" virus-virus hijau di sekitarnya. Ada juga yang bikin semacam roullette-style game buat menebak-nebak kemungkinan pengguna filter itu kena Coronavirus atau nggak.
 
Banyak user yang kemudian melaporkan filter-filter tersebut karena dirasa nggak pantas dibuat mainan di tengah ancaman nyata COVID-19 saat ini.
 
(New York Post)

 
"Instagram merilis filter 'Coronavirus Analysis' yang menunjukkan kamu terinfeksi atau nggak...Kita membicarakan hal yang saat ini sudah membunuh banyak orang! Sangat nggak pantas," cuit salah satu pengguna di Twitter seperti dikutip New York Post.
 
Instagram pun geram. Hari ini mereka mengambil langkah tegas terkait filter Coronavirus yang merajalela tersebut. Melansir Engadget, Instagram menurunkan semua filter berbasis augmented reality (AR) yang berhubungan sama diagnosa Coronavirus.
 
"Kami menghapus semua AR effect yang sudah dipublikasikan sebelumnya dan menolak semua efek baru yang terkait, yang mengklaim bisa mendiagnosa, memprediksi, menyembuhkan, atau menangani Coronavirus," tulis Facebook sebagai perusahaan induk dari Instagram.

 
Bahkan AR yang sebetulnya aman-aman saja dan nggak menertawakan Coronavirus, tapi masih terkait sama virus tersebut, juga akan disembunyikan oleh Instagram. Kecuali AR effect tersebut merupakan bagian dari otoritas kesehatan yang berwenang.
 
Sebagai gantinya, setiap pengguna mencari soal Coronavirus, Instagram akan menyediakan link yang langsung terhubung dengan informasi dari World Health Organization (WHO). Beberapa informasi yang akan di-update terutama soal peta persebaran penyakit dan berapa jumlah pasien yang tertangani. 
 
Sebelumnya, Instagram juga sudah menurunkan semua tagar yang mengarah ke hoaks seputar Coronavirus. Instagram berupaya sebaik mungkin menekan informasi palsu yang beredar di platform media sosial dengan mencounter lewat berita-berita terbaru dari pihak yang berwenang saja. Yuk cerdas bermedia sosial, jangan buat becandaan yang tidak perlu, daripada akunmu nanti diblokir juga oleh IG.(*)
Related Articles
Interest
Jangan Panik! Ini Gejala Serta Cara Mencegah Coronavirus dari Kemenkes dan WHO

Interest
Belajar dari Corona, Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Pandemi Selanjutnya?

Current Issues
10 Tips Hidup Sehat ala WHO saat Jalani Self-quarantine