Current Issues

Bill Gates Mundur dari Microsoft, Ini Alasannya

Delima Pangaribuan

Posted on March 14th 2020

(Deadline)

 
Usianya sudah 65 tahun. Di usia ini, Bill Gates akhirnya mengambil keputusan untuk mundur dari perusahaan yang dia dirikan, Microsoft. Per hari ini, 14 Maret 2020, Bill Gates resmi mundur dari kursi dewan perusahaan Microsoft, seperti diberitakan blog Microsoft.
 
Bill Gates sendiri sudah aktif sebagai dewan di Microsoft sejak 2008. BBC menyebutkan alasan mundurnya milyarder ini karena dia ingin fokus ke hal-hal yang lebih sosial. Bill Gates ingin mencurahkan lebih banyak waktunya untuk kegiatan filantropis di berbagai sektor. Mulai dari pengembangan kesehatan dunia, pendidikan, sampai perubahan iklim.
 
Nggak cuma Microsoft, Bill Gates juga meninggalkan posisi dewan di perusahaan lain. Yakni Berkshire Hathaway, perusahaan holding milik Warren Buffet di mana dia juga tergabung di dalamnya. Bill Gates mulai aktif sebagai dewan di sana sejak 2004.

Nggak cuma Microsoft, Bill Gates juga meninggalkan posisi dewan di perusahaan lain. Yakni Berkshire Hathaway, perusahaan holding milik Warren Buffet di mana dia juga tergabung di dalamnya. Bill Gates mulai aktif sebagai dewan di sana sejak 2004.
 
Meskipun dia nggak lagi duduk di kursi dewan perusahaan, tapi dia mengakui bahwa Microsoft tetap menjadi bagian hidupnya yang gak akan terpisahkan. Bill Gates pun berniat untuk tetap bisa keep in touch dengan Microsoft, khususnya dengan program kepemimpinan dalam perusahaan itu.
 
"Saya menantikan fase berikutnya dalam hidup saya ini sebagai kesempatan untuk menjaga pertemanan dan kerja sama yang sangat berarti bagi saya, melanjutkan kontribusi di dua perusahaan yang sangat saya banggakan, dan secara efektif memprioritaskan komitmen saya untuk menjawab tantangan-tantangan yang paling sulit di dunia," ungkapnya.
 

Bill Gates sudah memulai kegiatannya di bidang sosial ini sejak 2000. Saat itu, dia dan istrinya, Melinda, mendirikan yayasan bernama Bill & Melinda Gates Foundation yang fokus ke isu-isu pendidikan, kesehatan, dan kemiskinan.
 
Berdasarkan catatan Business Insider, sejak yayasan ini didirikan, mereka sudah menyumbangkan USD 36 miliar untuk kegiatan sosial. Di antaranya adalah untuk memerangi malaria dan virus Ebola. Berkat aktivitas mereka di yayasan ini, Bill dan Melinda Gates pernah mendapat julukan "filantropis paling murah hati di Amerika Serikat" dari The Chronicle of Philanthropy pada 2018. 
 
Bill Gates bersama kawannya, Paul Allen, mendirikan Microsoft pada 1975. Pada 1980, perusahaan ini berkembang pesat setelah bekerja sama dengan IBM untuk membangun sistem operasi yang dikenal dengan nama MC-DOS. Pada tahun 1986, ketika Bill Gates berusia 31 tahun, dia memecahkan rekor sebagai self-made billionaire termuda. (*)
Related Articles
Current Issues
On This Date: 4 April 1975, Bill Gates dan Paul Allen Lahirkan Microsoft

Tech
Microsoft Ganti 50 Jurnalis Kontrak di MSN dengan Robot

Tech
Bill Gates vs. Elon Musk, Ribut Masalah Apa?