Current Issues

Dua Jerapah Putih Langka Musnah di Tangan Pemburu, Kini Tersisa Satu Di Dunia

Surya Dipa Nusantara

Posted on March 12th 2020

Misteri hilangnya satwa langkah, jerapah putih, akhirnya terkuak. Dua hari lalu (10/3), hewan malang itu ditemukan tak bernyawa dan hanya tersisa kerangkanya saja. Dua kerangka Jerapah tersebut dijumpai tergeletak di kawasan konservatif Grissa, Kenya.

Jerapah putih termasuk sebagai satwa langka. Menurut Ishaqbini Hirola Community Conservacy, hanya tersisa tiga ekor saja populasinya. Sementara, bangkai yang ditemukan itu adalah jasad seekor ibu jerapah dan anaknya. Kematian mereka pun disinyalir karena ditelorong timah panas oleh pemburu.

“Ini adalah hari yang sangat menyedihkan bagi kami. Dan kami, adalah satu-satunya komunitas di dunia yang memperjuangkan kelangsungan regenerasi jerapah putih. Dan kami telah kehilangan harapan itu sekarang,” ujar Mohammed Ahmednoor, manajer dari Hirola Community Conservacy.

Untuk sementara, kejelasan identitas serta motif para pemburu belum jelas. Kenya Wildlife Service, sedang menyelidiki kasus ini. Satu-satunya yang tersisa adalah jerapah jantan putih. Menurut Kenya Wildlife Service, itu adalah jerapah putih terakhir yang ada di dunia. Jadi, masa depan satwa ini dipastikan bakal berakhir.

Jerapah putih bukanlah albino. Tetapi, mereka mengalami sebuah kondisi yang disebut sebagai leucism, yang menyebabkan hilangnya sebagian pigmentasi kulit mereka.

Tak seperti hewan dengan albenisme, jerapah ini memiliki pigmen gelap di sel-sel jaringan lunak mereka. Itulah yang menyebabkan mata, rambut, dan ekor mereka tampak gelap.

Selain di Kenya, jerapah putih juga pernah tampak di Taman Nasional Tarangire Tanzania, Afrika, pada Januari 2016 silam. Namun, jerapah itu tak pernah bisa ditemukan lagi.

Dugaan pihak Taman Nasional, karena tidak berkomunitas, jerapah itu barangkali sudah dimangsa satwa lain. Maka dari itu, tindakan bertanggungjawab ini dikutuk oleh pihak Taman Nasional seluruh dunia karena telah membinasakan satu-satunya harapan tentang Jerapah putih yang tersisa.(*)

Related Articles
Current Issues
Mengenal Surili, Primata Langka yang Viral karena Muncul di Cianjur

Current Issues
Kenapa sih Rindu Itu Berat?

Current Issues
CDC: Setelah Divaksin Penuh, Orang Lebih Aman Bepergian. Asalkan...