Interest

Punya iPhone, Apple Watch, dan AirPods? Berarti Kalian Butuh Charger 3-in-1 Ini

Delima Pangaribuan

Posted on March 12th 2020

 
Apple justru kalah duluan dari Logitech dalam menyiapkan inovasi charger untuk perangkat-perangkat Apple. Ya, Logitech baru-baru ini meluncurkan produk charger tanpa kabel alias wireless konsep 3-in-1. Bisa untuk nge-charge iPhone, Apple Watch, plus AirPods sekaligus.
 
Apple sebenarnya sudah mengonsep teknologi charger wireless sejak lama. Mereka sempat menamainya AirPower. Tapi produk itu batal diluncurkan.
 
Dilansir dari The Verge, produk bernama The Powered 3-in-1 ini punya dua tempat charging, satunya berbentuk stand-style pad untuk menyangga smartphone. Dan satu lagi berbentuk flat pad buat charging headphone.
 
Charger ini juga menyediakan port USB yang bisa disambungkan ke charger model USB milik Apple Watch, sehingga penggunannya bisa mengisi daya ketiga produk Apple ini secara bersamaan.
 
Wah, apakah charger ini cuma bisa dipakai buat produk Apple? Untungnya nggak, guys.
 
Charger ini juga bisa digunakan buat gadget jenis Qi-compatible apa pun. Seperti misalnya Samsung Galaxy S20. 
 
The Verge sudah mengujicoba produk ini untuk mengisi daya ponsel Galaxy seri terbaru dan Galaxy Buds Plus. Hasilnya, charging berjalan dengan yang baik. Yang tidak bisa digunakan untuk mengisi daya ke gadget lain hanyalah port USB-nya yang memang dirancang hanya untuk Apple Watch saja.
 
Untuk dayanya sendiri, charger 3-in-1 ini memiliki spesifikasi fast charging sesuai standar Apple (7,5 watt) dan Samsung (9 watt). Kalau di atas itu sih kayaknya belum bisa, misalnya untuk Samsung Note 10 yang butuh kapasitas charging 15 watt.
 
Kekurangannya produk ini adalah ketiga charger itu didesain dengan konektor ala Logitech. Berbeda dengan wireless charger pada umumnya yang menggunakan USB type C dan Micro USB.
 
Produk ini sendiri mulai diedarkan ke pasaran pada Maret 2020. Harganya? Kalau menurut informasi The Verge sih mencapai sekitar USD 129.99 atau kita bulatkan saja jadi USD 130. Kalau dirupiahkan sekitar Rp 1,9 juta. Bagaimana berminat kah? Kalau produk Logitech sih secara kualitas memang di atas rata-rata. Harganya juga...hehehe(*)
Artikel Terkait
Tech
Logitech Rilis Ulang Seri Keyboard dan Mouse MX, Hanya untuk Apple

Tech
Uni Eropa Seragamkan Charger Jadi USB-C, Bagaimana dengan Apple?

Tech
Apple Uji Coba Pengisi Daya USB-C untuk iPhone