Sport

Bukan Banjir yang Gagalkan Formula E di Jakarta, tapi Coronavirus

Cakra Ajie

Posted on March 11th 2020

Polemik penyelenggaraan Formula E di Jakarta sudah lama menuai kontroversi. Di satu pihak ada yang keberatan karena mahalnya pembiayaan event internasional ini. Di sisi lain, tetap ada yang setuju sebagai kebanggaan karena inilah penyelenggaraan event balap mobil kelas formula pertama di Indonesia.

Pihak yang tak setuju terus menyuarakan keberatannya. Bencana banjir yang melanda Jakarta kerap dijadikan bahan untuk menggulirkan isu penolakan tersebut. Tapi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bergeming. Dia tetap kekeh ingin penyelenggaraan dilangsungkan di ibu kota.

Ternyata, ada satu hal yang membuat Anies Baswedan akhirnya menunda penyelenggaraan event ini. Bukan banjir, bukan desakan politik. Tapi Coronavirus.

(Baca juga: Banjir Terjang Jakarta, Netizen Suarakan #shameOnyouFormulaEJakarta)

Ya, melalui suratnya 117/-1.857.73, Anies memutuskan penundaan penyelenggaraan Formula E. Surat itu ia tanda tangani pada Senin (9/3) dan dikirim ke Organizing Committee (OC) Jakarta E- Prix, Rabu (11/3). Ditembuskan juga ke 15 pemangku kepentingan lain. Di antaranya kepada Menteri Sekretaris Negara, Menteri Dalam Negeri, Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan, termasuk Ketua DPRD DKI Jakarta.

 

"Mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya," kata Anies dalam suratnya, dikutip dari Antara, Selasa (11/3).

Ajang balap mobil listrik ini semula akan dilaksanakan 6 Juni 2020. Direncanakan akan digelar lima tahun berturut-turut dari 2020 sampai 2024. Dalam suratnya Anies tak menyebut sampai kapan penundaan ini dilakukan.

 

 

Sebelumnya OC Jakarta E-Prix mengumumkan Formula E Jakarta resmi digelar pada 6 Juni 2020. Mereka awalnya memastikan formula E di kawasan Monas itu seharusnya berjalan tanpa ada kendala.

Rute balapan Formula E 2020 akan melintasi area di dalam kawasan Monas dan Jalan Medan Merdeka Selatan. Monas dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan Formula E karena merupakan ikon Jakarta dan Indonesia. Seperti diketahui, event ini memang menelan biaya cukup besar. Total Pemprov DKI Jakarta menyiapkan dana sebesar Rp 1,6 triliun untuk menggelar ajang mobil balap listrik itu.(*)

Related Articles
Sport
Punya Fasilitas Internasional, Yuk Intip Stadion BMW Milik DKI Jakarta!

Sport
Coronavirus Bikin Agenda Olahraga di Tiongkok Ditunda

Sport
Balapan Esports, Pembalap Beneran Kalah dari Gamers