Interest

8 Rekomendasi Website dan Aplikasi Biar Tugasmu Cepat Selesai!

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 11th 2020

(Pinterest)

 

Zaman sekarang sudah era digital nih, hampir semua hal di hidup kita sudah dibantu sama teknologi. Gak terkecuali sekolah. Kalau dulu tugas sekolah gak jauh-jauh dari PR di buku tulis atau buku paket, murid zaman sekarang jenis tugasnya lebih beragam. Mulai dari poster, presentasi, video, dan lain-lain.

Nah, pastinya kita harus dong mengikuti perkembangan zaman. Belum lagi deadline yang padat, harus kerja cepat. Coba deh manfaatkan delapan aplikasi dan website berikut ini biar tugasmu cepat kelar!

 

1. Canva

 

Aplikasi satu ini cukup terkenal di kalangan pelajar untuk kebutuhan desain. Mulai dari poster, presentasi, kartu nama, collageresume, dan banyak lagi. Kita tinggal pilih template yang diperlukan, modifikasi, export deh! Kita juga bisa atur ukurannya sesuai kebutuhan kita. Mulai dari ukuran Instagram post, ukuran kertas A4, A3, dan lain-lain.

 

Berbagai template yang ada di Canva

 

2. Sparkpost

 

 

Mirip dengan Canva, aplikasi buatan Adobe ini juga memiliki fungsi desain. Beragam template juga tersedia, mulai dari poster, infografis, collageto-do-list, undangan, dan banyak lagi. Bedanya, di Sparkpost ini kita bisa buat animasi singkat di desain kita.

 

Beragam template yang ada di Sparkpost

 

Banyak tutorial tersedia tentang penggunaan Sparkpost ini. Kalau kreatif, kita bisa menghasilkan karya digital yang unik dengan waktu singkat dengan Sparkpost ini.

 

 

 

3. Flaticon

 

Di flaticon.com, kita bisa mengunduh berbagai icon unik dengan beragam bentuk. Setiap icon punya beberapa versi yang bisa kita unduh sesuai keperluan. Format file yang tersedia juga beragam, mulai dari .png, .svg, .eps, .psd, dan lain-lain.

 

Contoh icon yang bisa diunduh

 

Di halaman depannya juga terdapat kumpulan paket icon yang bisa diunduh dengan mendaftar dan mencantumkan credit ketika menggunakan icon tersebut.

 

 

4. PowerPointify

 

Di website ini kita bisa menemukan lebih dari 40 ribu template presentasi yang bisa diunduh gratis  Template yang tersedia juga terbagi dalam beberapa kategori seperti educationbussinesscreativemedicalmodern, dan lain-lain. Gak perlu khawatir kesulitan menemukan template yang pas deh!

 

Contoh template unik yang tersedia di powerpointify.com

 

Setiap template yang diunduh sudah dilengkapo dengan daftar font yang digunakan dan sumbernya, panduan menggunakan template, dan contoh penggunaan template. Mudah banget deh!

 

5. YouCut

 

Ada tugas bikin video? Aplikasi satu ini bisa membantu kamu mengedit video sederhana. Fungsi utamanya adalah memotong, menambahkan musik, menambahkan tulisan, dan mengatur ulang ukuran.

 

Beberapa fungsi aplikasi YouCut

 

Dengan aplikasi ini, kita gak butuh khawatir video yag kita edit kualitasnya menurun. Aplikasi ini punya pilihan resolusi hingga 2160p. Tapi gak semua ponsel bisa punya fitur ini ya. Semakin tinggi resolusi, semakin besar pula file video yang diexport. Selain itu, aplikasi ini juga bebas watermark yang mengganggu lho!

 

6. KineMaster

 

Mirip dengan YouCut, aplikasi satu ini juga punya fungsi mengedit video. KineMaster punya lebih banyak fitur untuk mengedit video yang lebih rumit. Namun untuk menghilangkan watermark, kita perlu untuk berlangganan.

 

Tampilan aplikasi KineMaster

 

7. iPusnas

 

 

Butuh referensi bacaan tapi gak sempat ke perpustakaan? Coba deh perpustakaan digital satu ini. iPusnas adalah aplikasi karya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Semua buku di sini punya ISBN, jadi terjamin kualitas bukunya.

 

Beberapa koleksi buku di iPusnas

 

Sistem aplikasi ini mirip dengan meminjam buku langsung di perpustakaan. Kita bisa pilih buku yang kita mau, pinjam, unduh, dan baca. Kita punya batas waktu untuk membaca buku tersebut. Kalau waktunya habis, buku akan otomatis tidak bisa dibaca dan kita harus meminjam lagi. Kalau buku tersebut stoknya habis, kita bisa mengantri, menunggu buku tersebut diselesaikan oleh pembaca lain.

 

8. Gramedia Digital

 

Masih tentang buku-buku, aplikasi Gramedia Digital juga menyediakan koleksi buku lengkap, bahkan majalah hingga koran. Namun untuk membaca di aplikasi ini, kita perlu berlangganan bulanan. Paket langganan bisa dibagi hingga lima akun, jadi bisa banget kalau mau patungan sama teman-teman kamu.

 

Beberapa Koleksi Buku Gramedia Digital

 

Kalau masa berlangganan selesai, buku yang kita unduh otomatis tidak bisa dibaca lagi. Kalau mau membaca buku tertentu tanpa batas waktu, kita bisa membeli buku tersebut melalui aplikasi. Jadi kayak beli buku biasa tapi versi digital!

 

Nah, itu dia beberapa website dan aplikasi buat tugas-tugas kamu cepat selesai. Aplikasi apa nih yang sudah kamu pakai? Let us know in the comment! (*)

Related Articles
Current Issues
Aplikasi Ini Bikin Video Kamu Makin Menarik

Interest
3 Aplikasi Ini Bisa Bantu Kalian Cari Informasi yang Terverifikasi

Current Issues
4 Situs untuk Bikin Tampilan Presentasi Powerpoint-mu Makin Keren