Current Issues

On This Date: Alexander Graham Bell Kirim Pesan Pertama lewat Telepon Ciptaannya

Hani Ayu Rahmatiah

Posted on March 10th 2020

Sketsa yang mengilustrasikan Bell dengan asistennya, Watson. (ABG Foundation) 

Di hari ini, 10 Maret pada tahun 1876, Alexander Graham Bell akhirnya berhasil mengirimkan pesan pertama melalui telepon ciptaannya. Pesan yang ia sampaikan berisi "Mr. Watson, come here I want you" . Meskipun singkat banget, tapi inilah momen bersejarah dalam sejarah telekomunikasi.

Bertempat di laboratoriumnya di Boston, Amerika Serikat, penemu kelahiran Skotlandia tersebut menelpon asistennya, Thomas A Watson dengan telpon berkabel sepanjang 100 kaki yang menghubungkan keduanya di ruangan berbeda. Dalam jurnalnya, Alexander Graham Bell menuliskan. "Dia (Watson) datang dan menyatakan bahwa ia mendengar dan mengerti apa yang saya katakan".

Setelah itu, keduanya bertukar tempat dan Bell mendengarkan suara Watson yang membaca teks dari buku yang ada di dekat telepon. Bell kemudian menganalisa efek hasil suara yang dibentuk oleh alat buatannya. Ia menyatakan meskipun keras namun suara yang dihasilkan masih kurang jelas dan teredam. See, It's okay not to be perfect at our first, right? Namanya juga produk pertama.

Ohya, tiga hari sebelum uji coba ini, Alexander Graham Bell baru saja menerima Paten dari Amerika Serikat atas penemuannya. Namun setelahnya penemuannya tersebut justru ditolak oleh Western Union untuk dikembangkan karena dianggap 'bukan saingan ' untuk telegram.

Gak patah semangat, pada September di tahun yang sama, telepon rancangan Alexander Graham kemudian dipamerkan di British Association for the Advancement of Science. Dan, dia mendapatkan pujian dari Lord Kevin. Nah, tiga bulan setelahnya, Alexander Graham Bell diberikan Paten UK dan kemudian telepon ciptaannya dikembangkan menjadi produk komersil yang dijual di pasaran pada 1878 melalui The Telephone Company. (*)

 
Related Articles
Current Issues
Alexander Graham Bell, Penemu Telepon yang Tak Pernah Telepon Ibu dan Istrinya

Current Issues
5 Ilmuwan Perempuan Berbakat di Bidang Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika

Current Issues
Serunya India Merayakan Holi di Tengah Keresahan Coronavirus