Current Issues

Serunya India Merayakan Holi di Tengah Keresahan Coronavirus

Delya Oktovie Apsari

Posted on March 10th 2020

Antisipasi COVID-19 dengan tetap mengenakan masker di perayaan festival Holi 2020. (CNN)

 

Meski di tengah keresahan coronavirus COVID-19, masyarakat India enggan melewati serunya festival Holi! Festival ini digelar mulai 9-10 Maret.

Dilansir dari CNN, Holi biasanya dirayakan di seputar India, Asia Selatan dan antara diaspora India, ketika titik balik musim semi mendekat di belahan Bumi utara.

Nah, masyarakat yang merayakan Holi berasal dari berbagai kelas dan usia. Memang, festival Hindu ini dikenal sebagai gelaran yang menyatukan seluruh rakyat.

 

(The Sun)

 

Yang membuat unik selebrasi kali ini adalah Holi tetap dijalankan walau ada peringatan soal COVID-19. Maka dari itu, sebagian peserta festival tetap menikmati tubuh berlumuran bubuk warna-warni, tapi mulut dan hidungnya tertutup masker.

 

(CNN)

 

Perdana Menteri India, Narendra Modi sendiri tidak menghadiri helatan religius ini dengan alasan meminimalisir wabah COVID-19.

"Para ahli di seluruh dunia telah memberi imbauan untuk mengurangi perkumpulan massa demi menghindari penyebaran COVID-19 Novel Coronavirus. Karenanya, tahun ini saya memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam program Holi Milan apapun." Tulis Narendra Modi di akun Twitter resminya @narendramodi.

Berita terakhir dari India Today menyebutkan, terhitung India kini memiliki 44 pasien positif COVID-19. Bahkan, di kota Kerala, terdapat satu pasien yang masih berusia 3 tahun.

 

Apa itu festival Holi?

(Medium)


Festival Holi adalah perayaan tahunan Hindu yang biasanya diadakan pada bulan Maret. Dilansir dari National Geographic, Holi dikenal sebagai festival warna dan dirayakan pada bulan purnama terakhir di bulan lunar Phalguna.

Tradisi kuno ini menandai akhir musim dingin dan menghormati kemenangan kebaikan atas kejahatan. Peserta festival bakal menyalakan api unggun, melempar bubuk warna-warni yang disebut gulal', makan permen, dan menari dengan musik rakyat tradisional. (*)

Related Articles
Current Issues
Asal Usul Nama Hewan di Sistem Shio, Gimana tuh?

Current Issues
112 Tahun yang Lalu, Buku Cikal Bakal Pramuka 'Scouting For Boys' Diterbitkan

Current Issues
5 Ilmuwan Perempuan Berbakat di Bidang Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika