Entertainment

6 Rekomendasi Drakor dengan Female Lead Paling Inspiratif

Vita Kartika

Posted on March 9th 2020

(Soompi)

Kalau ngomongin tentang serial drama Korea, sekarang kayaknya sudah banyak banget perkembangan yang bikin kita jadi makin menanti-nanti buat binge watching tiap judul barunya. Mulai dari aktris dan aktornya yang beragam, tema cerita yang anti mainstream, sampai pemeran utama perempuan yang jadi idola karena kepribadiannya yang strong.

Yup, dulu K-dramaland sempat didominasi oleh kisah-kisah romantis dan melankolis yang berpusat pada sudut pandang pemeran utama pria. Female lead seringnya muncul sebagai sosok yang lemah, atau bahkan di-bully sama lawan mainnya.

Cerita-cerita yang klise kayak gini justru laris manis. Makin si male lead mampu ‘menyelamatkan’ si female lead, makin tinggi juga rating dramanya.

Tapi, dilansir dari Soompi, serial drama Korea udah banyak berbenah. Ada banyak judul yang menggambarkan sosok karakter perempuan secara lebih kompleks. Perempuan juga bisa strong, punya cita-cita dan ambisi, serta berani membela orang-orang yang ia sayangi.

Hmm, penasaran K-drama apa aja yang punya female lead inspiratif kayak gini? Tim mainmain.id sudah merangkum enam di antaranya nih untuk kalian. Yuk, simak bersama!

 

 

1. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2017)

Lee Sung Kyung yang memerankan atlet angkat besi perempuan, Kim Bok Joo (foto:K-Pop Asiachan)

Kalau ngomongin tema yang unik dan otentik, drama ini juaranya. Kapan lagi bisa lihat female lead yang karakternya adalah seorang weightlifter—atau atlet angkat besi?

Cabang olahraga yang satu ini memang masih dianggap sangat maskulin, tapi Lee Sung Kyung bener-bener totalitas dalam memerankan tokoh Kim Bok Joo.

Dalam drama ini, kita akan diajak mengikuti perjalanan hidup Kim Bok Joo, seorang remaja yang mencari arti persahabatan, cita-cita, keluarga, hingga cinta.

Bukan sekali dua kali lho di drama ini Kim Bok Joo nggak pede dengan penampilannya yang jauh banget dari standar kecantikan perempuan. Tapi, pada akhirnya ia menyadari kalau ia bisa menjadi atlet angkat besi sekaligus tetap cantik dengan caranya sendiri.


2. Fight For My Way (2017)

Choi Ae Ra yang punya cita-cita untuk menjadi announcer, diperankan oleh Kim Ji Won (foto:Dramabeans)

Drama terrealistis sepanjang masa. Kalau biasanya serial drama Korea isinya adalah kisah cinta tentang si kaya yang kaya banget dan si miskin yang miskin banget, Fight For My Way berbeda.

Drama ini mengisahkan tentang Choi Ae Ra, seorang gadis ‘biasa’ layaknya kita semua yang tiap hari harus struggling buat bertahan hidup. Choi Ae Ra yang diperankan oleh Kim Ji Won ini punya mimpi untuk menjadi announcer.

Kita bakal melihat ketidakadilan yang dialami Choi Ae Ra ketika audisi; ia yang punya skill lebih baik harus kalah dengan kandidat lain yang punya koneksi dan power.

Well, hal ini pun juga banyak terjadi di dunia nyata. Choi Ae Ra adalah karakter yang sangat kuat, vibrant, kadang cute kadang polos, dan apa adanya. Tapi justru itulah yang bikin penonton terinspirasi banget sama female lead yang satu ini.


3. Hotel Del Luna (2019)

Aktris multitalenta IU yang memerankan Jang Man Wol (foto:Viki)

Walaupun drama yang satu ini bergenre fantasi, tapi kita bisa banget kok memetik pelajaran hidup dari Jang Man Wol yang diperankan apik oleh IU.

Hotel Del Luna berkisah tentang Jang Man Wol yang menjadi owner sebuah hotel supernatural yang menjadi persinggahan para arwah sebelum menuju pemberhentian terakhir.

Di tiap episodenya, Jang Man Wol akan membantu para arwah untuk menyelesaikan dendam ataupun hutang mereka semasa hidup. Jang Man Wol ini nggak cuma sassy, tapi kadang juga bisa sarkastik dan savage. Jadinya lucu banget lihat dia seakan ‘terbebani’ dan nggak ikhlas buat nolongin para arwah, padahal sebenarnya dia juga pengen mereka tenang di alam sana.

Melalui tokoh Jang Man Wol, kita juga akan diajari bahwa agar kita bisa menjalani kehidupan dengan tenang dan menyambut masa depan yang baru, pertama-tama kita harus bisa merelakan dan menerima apa yang sudah terjadi di masa lalu.


4. Witch’s Court (2017)

Ma Yim Deum, jaksa perempuan yang diperankan apik oleh Jung Ryeo Won (foto:Dramabeans)

Drama Korea yang bertemakan hukum dengan tokoh utama jaksa memang banyak. Tapi nggak banyak yang menempatkan female lead seorang prosecutor sebagai sudut pandang utama.

Di Witch’s Court, kita bakal dikenalkan sama Ma Yi Deum, seorang jaksa yang pintar dan karismatik banget. Di lingkungan kerja yang penuh dengan laki-laki dan senioritas.

Tokoh yang diperankan oleh Jung Ryeo Won ini selalu berani dan tegas menyuarakan kebenaran. Di drama ini, ada juga saat-saat di mana ia menjadi egois dan mudah marah, tapi justru ketidaksempurnaan itulah yang membuat penonton makin melihat karakter Ma Yi Deum sebagai seorang female lead yang authentic.


5. Doctors (2016)

Yoo Hye Jung, dokter ahli bedah saraf yang diperankan oleh Park Shin Hye (foto:Soompi)

Drama ini berkisah tentang Yoo Hye Jung, seorang dokter ahli bedah saraf yang diperankan oleh unnie Park Shin Hye. Dalam serial Doctors ini, kita bakal diajak mengikuti perjalanan hidup Yoo Hye Jung, yang masa kecilnya bisa dibilang kurang sejahtera, sehingga dia jadi rebel ketika remaja.

Melalui tokoh Yoo Hye Jung, di drama ini kita bisa belajar tentang character development manusia. Ia yang ketika remaja penuh amarah, kebencian, dan suka kekerasan pada akhirnya memutuskan buat berubah jadi pribadi yang lebih baik, sampai bisa menjadi seorang dokter ahli bedah saraf yang dihormati. So cool!


6. Search: WWW (2019)

Girl squad idaman di Search: WWW yang diperankan oleh Im Soo Jung, Lee Da Hee, dan Jeon Hye Jin (foto:Viki)

Empowered women empower each other. Kutipan itu cocok banget buat menggambarkan cerita di drama Search: WWW. Drama ini mengisahkan tentang tiga female leads bernama Bae Ta Mi, Cha Hyeon, dan Song Ga Kyung. Mereka bekerja sebagai pemimpin di perusahaan teknologi komunikasi.

Di bidang yang sangat advanced dan dipenuhi oleh laki-laki, mereka harus berstrategi agar bisa bertahan di tengah segala backstabbing dan sabotaging yang ada.

Ketiga strong women ini diperankan oleh Im Soo Jung, Lee Da Hee, dan Jeon Hye Jin. Melalui drama ini, kita bisa banyak belajar bahwa perempuan sudah seharusnya saling support dalam hal apapun, mulai dari persahabatan, karir, hingga percintaan.

Gimana, kalian ada rekomendasi serial drama Korea lainnya yang punya strong female lead juga? Yuk, share di kolom komentar!


Related Articles
Entertainment
5 Drama Korea Park Seo Joon untuk Mengobati Kerinduan 'Itaewon Class'

Entertainment
Ucapan Penyemangat dari Kim Ji Won tentang Corona ini Bikin Warga Korea Menangis

Entertainment
Keseharian IU Selama Social Distancing: Nonton 'Money Heist' dan Olah Raga