Current Issues

On This Date: International Women's Day, Perjuangan Panjang Kesetaraan Gender

Hani Ayu Rahmatiah

Posted on March 8th 2020

(Real Simple)

 

Sejak tahun 1975, PBB memulai meneteapkan tanggal 8 Maret setiap tahunnya dirayakan sebagai International Women’s Day (IWD). Ini berarti sudah 45 tahun seluruh negara didunia merayakan hari ini sebagai hari apresiasi atas hak perempuan dan perdamaian dunia. Namun ternyata, pergerakan untuk mewujudkan Hari Perempuan Internasional ini sudah berlangsung lama lho.


Inisiasi Hari Perempuan ini dimulai dari Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Di mana pada tanggal 28 Februari 1909 Partai Sosialis Amerika pertama kali merayakan National Woman’s Day. Ternyata, inisiatif ini mendapatkan perhatian dari seluruh warga dunia dan menimbulkan pergerakan serupa di berbagai negara di seluruh dunia setiap tahunnya. Mulai dari Denmark, Austria , China hingga Russia.

Pada tahun 1914, Hari Perempuan Internasional pertama kali digelar pada tanggal 8 Maret dimana saat itu pusatnya berada di Jerman dan mengangkat isu mengenai hak politik warga perempuan Jerman yang akhirnya dimenangkan pada tahun 1918. Sejak saat inilah Hari Perempuan selalu dirayakan di tanggal 8 Maret setiap tahun di Seluruh dunia.

 

(UN Women)

 

Isu mengenai perjuangan hak perempuan dan kesetaraan gender ini tentu menjadi perhatian bagi PBB. Tidak hanya menetapkan tanggal 8 Maret sebagai Hari Perempuan Internasional, PPB juga bahkan sudah memiliki roadmap untuk memperjuangkan kesetaraan gender sejak 25 tahun lalu. Tema Hari Perempuan Internasional tahun ini ialah “ I am Generation Equality: Realizing Women’s Rights”.


Kampanye kesetaran gender ini mengajak setiap orang dari gender, suku, ras, usia, agama, dan negara apapun untuk beraksi membentuk dunia dengan kesetaraan gender. Dimulai dengan mengakhiri kekerasan berbasis gender, meningkatkan keadilan ekonomi dan hak bagi setiap orang, hingga mendukung hak kesehatan juga kepemimpinan bagi wanita.


Hari Perempuan Internasional ini bukanlah hari khusus untuk perempuan, namun hari yang menjadi pengingat bagi setiap orang untuk mengedepankan sikap yang adil dan kesetaraan dalam kehidupan. Oleh sebab itu, aksi-aksi kecil yang kita lakukan untuk mendukung kesetaraan gender ini sangatlah berarti untuk membangun dunia yang lebih baik di masa depan. (*)

Related Articles
Current Issues
Peringati Hari Antikorupsi Sedunia, PBB Sebut Korupsi Perparah Perubahan Iklim

Interest
Indonesia Jadi Presiden Dewan Keamanan PBB!

Interest
Ada Red Velvet dan BLACKPINK di Playlist Women Empowerment Malala Yousafzai