Interest

Rekomendasi Buku ala Our Shared Shelf, Klub Milik Emma Watson

Happy International Women's Day!

Vita Kartika

Posted on March 8th 2020

Rekomendasi Bacaan ala Our Shared Shelf, Klub Buku Milik Emma Watson (The BookShelf)

 

Kalian pasti familiar dengan nama Emma Watson. Pemeran Hermione Granger di serial film Harry Potter ini memang terkenal bukan karena hanya kecantikannya, tapi juga karena kecerdasannya.

Tak heran kalau pada tahun 2014 silam, aktris berbakat ini didaulat menjadi UN Women Goodwill Ambassador. Dilansir dari Vogue, Emma pernah mengatakan bahwa perannya di UN Women menuntutnya untuk lebih banyak membaca buku tentang kesetaraan gender dan isu-isu sosial lainnya yang relevan. Untuk itu, pemeran The Perks of Being a Wallflower ini meluncurkan klub buku yang dinamai Our Shared Shelf pada Januari 2016.

Dalam rangka Hari Perempuan Internasional 2020, kali ini tim mainmain.id akan memberikan lima rekomendasi bacaan dari Emma Watson, nih. Yuk, simak bersama, bookworms!

 

How to Be A Woman – Caitlin Moran

Emma Watson bersama buku How to Be A Woman karya Caitlin Moran (foto:Instagram @emmawatson)

Masih ingat dengan foto unggahan Tara Basro yang sarat akan pesan body positivity tapi justru menimbulkan kontroversi karena dikecam oleh Kominfo? Nah, di buku How to Be A Woman, Caitlin Moran mengeksplorasi mengenai apa artinya menjadi wanita modern. Caitlin menulis segala sesuatu tentang perempuan, mulai dari sulitnya memenuhi standar kecantikan universal, sampai tekanan untuk menjadi sosok feminin yang keibuan. Buku ini berhasil membuat Emma tersadar tentang betapa besarnya peran gender dalam masyarakat. Tapi nggak usah khawatir, walaupun bahasannya serius, di buku ini juga banyak selipan jokes yang bakal bikin kamu tertawa saat membacanya.


Louisa May Alcott – Little Women

Emma Watson memerankan Meg, salah satu tokoh utama dari buku Little Women (foto:Instagram @emmawatson)

Baru-baru ini, Emma Watson didaulat untuk memerankan tokoh Meg dalam adaptasi terbaru dari novel Little Women yang disutradarai oleh Greta Gerwig. Dalam akun Instagram-nya, Emma pun merekomendasikan para followers-nya untuk membaca novel yang terbit pada tahun 1868 ini. Little Women mengisahkan tentang perjalanan hidup empat saudara perempuan dari keluarga March, yaitu Meg, Jo, Beth, dan Amy. Kisah ini berdasarkan kehidupan nyata sang pengarang, Louisa May Alcott bersama tiga saudara perempuannya. Cerita dari novel ini sangat sarat dengan tema keluarga, persahabatan, percintaan, dan tekad yang kuat dari March sisters untuk mengejar mimpi dan menjalani hidup menurut pilihan masing-masing.


Maya Angelou – Mom & Me & Mom

Emma Watson bersama buku karangan Maya Angelou yang berjudul Mom & Me & Mom (foto:Instagram @emmawatson)

Buku memoar yang direkomendasikan oleh Emma ini berkisah tentang hubungan Maya Angelou dengan ibunya. Usai pernikahan orangtuanya berakhir, Maya dan saudara lelakinya dititipkan ke neneknya. Maya Angelou bercerita bahwa hal ini membuatnya merasa diabaikan. Dalam buku ini, ia menceritakan tentang perasaan dan pengalamannya saat harus kembali tinggal bersama ibunya. Buku ini menyoroti tentang hubungan antara ibu dan anak yang pada kenyataannya memiliki ups and downs, tidak selalu berjalan mulus.


Yuval Noah Harari – Homo Deus

Homo Deus, salah satu buku yang direkomendasikan oleh Emma Watson (foto:The New York Times)

Salah satu bacaan rekomendasi Emma Watson ini bisa dibilang buku bestseller. Sang penulis, Yuval Noah Harari, akan mengajak kita untuk sama-sama memiliki visi agar manusia dapat mengelola lingkungan dengan baik, dari alam di sekitar kita, hingga kebutuhan diri sendiri. Melalui akun Instagram @oursharedself, Emma mengatakan kalau buku ini membuatnya tertarik untuk mencoba dan memahami konsekuensi dari kemajuan teknologi yang ada saat ini, lalu mengaitkannya dengan pengelolaan lingkungan agar masa depan kita menjadi jauh lebih baik.


John Green – The Fault in Our Stars

Beberapa cuitan di Twitter antara Emma Watson dan John Green, penulis The Fault in Our Stars (foto:Twitter @emmawatson)

Kalian pasti sudah nggak asing dengan adaptasi film dari buku ini yang diperankan dengan sangat apik oleh Shailene Woodley dan Ansel Elgort. Kalau kalian sudah nonton filmnya, sekarang saatnya baca bukunya. Novel bestseller karya John Green ini berkisah tentang pasien kanker Hazel Grace yang bertemu dengan seorang laki-laki bernama Augustus di sebuah acara support group. Keduanya pun jatuh cinta dan harus melalui berbagai rintangan bersama-sama untuk melawan penyakit yang mereka derita. Bukan cuma jalan ceritanya yang menyentuh hati, tapi di buku ini juga ada banyak banget quote relevan yang bisa kamu kutip. Okay? Okay.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi bacaan dari Emma Watson. Selamat membaca, ya! (*)


Related Articles
Interest
Novel Thriller 'Lockdown' yang Dulu Ditolak, Dirilis karena Mirip Pandemi Corona

Interest
Sambil Social Distancing, Baca deh 5 Rekomendasi Buku dari Kendall Jenner!

Interest
7 Pernak-pernik Buku yang Estetik!