Sport

Cegah Coronavirus NBA Keluarkan Opsi Laga Tanpa Penonton, LeBron James Keberatan

Mainmain.id

Posted on March 7th 2020


(Foto MSN.com)

Sejumlah organisasi olahraga di dunia sedang bingung menyikapi penyebaran coronavirus di negaranya masing-masing. Pun termasuk NBA. Yang terbaru, NBA mengeluarkan memo lagi ke klub-klub peserta. Isinya meminta sejumlah klub bersiap jika memang harus mengelar laga tanpa penonton.

Kebijakan menyikapi penyebaran coronavirus ini bukan yang pertama dibuat NBA. Sebelumnya mereka sudah mengirim memo ke klub-klub peserta yang isinya sejumlah imbauan pada pemain. Di antaranya imbauan agar para pemain tak melakukan tos ke penggemar. Juga, memberikan tanda tangan ke merchandise yang disodorkan penggemar, baik sesaat sebelum pertandingan atau pasca laga. (Baca juga: Cegah Coronavirus, NBA Imbau Pemain Tak Lakukan Tos dan Tanda Tangan ke Fans). 

Nah, memo terbaru soal laga tanpa penonton itu baru saja dikirim Jumat kemarin (6/3) waktu setempat. Mereka mengirim memo itu ke 30 tim konstestan NBA. Dalam memo itu disebut klub peserta perlu mempersiapkan kemungkinan bermain tanpa penonton. 

Saat ini sejumlah laga NBA pun sudah mengalami penundaan. Seperti misalnya laga tim sekota LA Lakers vs LA Clippers. Penundaan ini membuat Lakers harus memainkan tiga pertandingan kandang berturut-turut. NBA juga harus mengatur ulang tiga game lain yang melibatkan Lakers dan Clippers.

Opsi memainkan laga tanpa penonton ini mematik reaksi bintang Lakers, LeBron James. "Kami harus bermain game tanpa penggemar? Wah itu rasanya tidak mungkin," ujar James usai laga Lakers dan Milwaukee Bucks, Jumat malam di Staples Center.

Jika kebijakan itu harus dijalankan, mungkin James bakal memilih tidak bermain. "Aku tidak bermain. Saya bermain untuk tim dan penggemar. Bahkan saya muncul di sebuah arena yang di sana tak ada penggemar," ujarnya seperti dikutip dari USA Today. 

Hingga tulisan ini diturunkan, memang belum ada tindaklanjut dari klub-klub peserta. Saat ini pengelola Staples Center --kandang LA Lakers-- memang telah melakukan sejumlah langkah pencegahan coronavirus. Salah satunya dengan memperbanyak tempat kebersihan, termasuk untuk cuci tangan.

Pada USA Today, pejabat NBA mengatakan, opsi menggelar pertandingan tanpa penonton merupakan pilihan terakhir.(*) 

Related Articles
Sport
9 Signature Shoes Bintang NBA ini Cocok Kalian Koleksi

Sport
Bersama LeBron James, Lakers Kembali ke Final NBA setelah 10 Musim

Sport
NBA Pertimbangkan Melanjutkan Kompetisi di Kompleks Disney World Orlando