Current Issues

SpaceX Diprediksi Bisa Bikin Internet yang Menjangkau Tempat Terpencil di Dunia

Delima Pangaribuan

Posted on March 6th 2020

Kecanggihan internet zaman sekarang sungguh luar biasa. Sekarang kita nggak perlu lagi kirim surat karena ada email dan aplikasi chatting. Nggak perlu pusing mikirin pulsa karena telepon sudah bisa pakai WhatsApp. Informasi dan dokumen apa pun juga mudak diakses karena kecepatan download yang gila-gilaan.

Tapi, kecanggihan itu mungkin belum ada apa-apanya dibanding teknologi masa depan. Business Insider memperkirakan akan ada lompatan drastis dalam dunia internet. Terutama setelah pemain besar di bidang teknologi seperti SpaceX dan Amazon turun tangan. 
 
 
Seperti yang kita tahu, SpaceX bergerak di bidang teknologi otomotif dan antariksa. Mereka diperkirakan akan membuat terobosan baru dengan menggunakan satelit lebih canggih untuk layanan internet di Bumi. Selain itu ada juga Amazon, OneWeb, hingga Apple yang diyakini bakal membawa teknologi internet lebih canggih lagi.

 
Saat ini, kemudahan manusia mengakses berbagai data dari internet nggak lepas dari teknologi internet-beaming yang memanfaatkan transmisi informasi melalui pancaran sinyal. Nggak repot-repot pakai kabel lagi. Semenjak digunakan teknologi light beaming menggunakan fiber optic, transmisi data juga lebih efisien dan cost-nya lebih murah.
 
Tapi, masih ada kendala di mana belum semua tempat terjangkau sama internet ini. Nah, menurut Business Insider, kalau perusahaan telekomunikasi dan teknologi antariksa berinovasi, mereka bisa saja bikin teknologi yang membuat orang di pedalaman pun bisa mengakses internet. Saat ini percobaan menggunakan satelit untuk menjangkau daerah-daerah terpencil sudah dilakukan. Meskipun hasilnya belum maksimal.
 

Kalau memang teknologi satelit yang lebih mutakhir itu ada, nggak menutup kemungkinan gaya hidup dan bekerja manusia di bumi bisa ikut berubah. Orang nggak perlu lagi harus tinggal di kota untuk bisa mendapat pekerjaan dengan upah yang layak. Dari desa pun, atau bahkan pulau di tengah samudera pun, orang masih bisa mengakses internet dan memungkinkan mereka untuk bekerja.
 
Secara nggak langsung, teknologi ini bakal memengaruhi lanskap kehidupan masyarakat. Orang nggak perlu berbondong-bondong ke kota besar, karena mereka bisa memilih mau tinggal di daerah mana saja. Toh mereka tetap mendapat akses informasi yang sama dengan internet berbasis satelit baru ini. Yang orbitnya nggak jauh dari atmosfer bumi kita. (*)
Related Articles
Tech
SpaceX Sukses Luncurkan ANASIS-II, Satelit Militer Korsel ke Orbit Bumi

Tech
Sejumlah Negara di Eropa Mulai Pakai Teknologi Pelacakan Covid-19 Google x Apple

Current Issues
On This Day: 9 Januari 2007, Steve Jobs Pertama Kali Kenalkan iPhone