Entertainment

5 Teori dan Fakta Asyik MV Original BTS 'Black Swan'

Delima Pangaribuan

Posted on March 5th 2020

Nggak ada hujan, nggak ada angin, BTS tiba-tiba merilis MV 'Black Swan' Kamis tengah malam, 00.00 KST. Banyak penggemar yang mengira itu MV fake, tapi ternyata waktu dibuka memang beneran MV dari BTS dan diunggah di channel YouTube Big Hit Label asli, bukan yang abal-abal. Langsung saja MV dadakan ini menyedot perhatian ARMY dan penikmat musik BTS di seluruh dunia.

Ini menjadi lagu kedua dari album 'Map of the Soul: 7' yang memiliki dua MV sekaligus setelah title track mereka, 'ON'. Sebelumnya, 'Black Swan' sudah rilis dalam bentuk MV Art Film yang menampilkan performance dari MN Dance Company. Walaupun tanpa satu pun member BTS, MV itu juga disambut antusias sama ARMY. Apalagi MV yang versi kedua ini, full isinya member BTS semua lengkap dengan visualnya yang bikin ARMY jantungan.
 
Seperti biasa, BTS mengedepankan aspek visual dengan berbagai pesan dalam MV mereka. Tapi yang kali ini nggak sesusah teori di MV 'ON' yang sudah rilis Jumat lalu, sih. Dan sumber literaturnya mirip sama MV art film 'Black Swan' yang pertama. Langsung saja yuk kita bahas fakta dan teori di balik MV Original 'Black Swan' ini.
 
1. BTS dan bayangannya

 
Seperti yang sudah pernah dijelaskan sebelumnya, shadow merupakan salah satu konsep besar yang diusung BTS dalam album baru mereka ini. Bagaimana BTS menyadari bahwa mereka memiliki bayangan atau sisi gelap dan berusaha menerima bayangan itu. Alih-alih menganggapnya sebagai kekurangan, mereka berusaha untuk menjadikannya kekuatan.
 
Dalam MV ini, kita bisa melihat banyak sekali bayangan muncul merepresentasikan sisi gelap. Yang paling jelas ada di scene Suga dan Jungkook. Pada bait pertama, Suga menyanyi sambil berjongkok, namun bayangan besar di belakangnya terlihat menari. Dalam performance panggung, bayangan itu direpresentasikan oleh Jungkook. 

 
Kemudian di akhir video, Jungkook terlihat berada sendirian di dalam teater besar bersama bayangan besar yang juga memanjang hingga sisi seberang teater itu. Namun, perlahan bayangan itu menghilang dan Jungkook kelihatan tersenyum. Menurut fans di Twitter @cultgoo, bayangan itu merupakan black swan atau angsa hitam yang bisa diartikan sebagai passion yang salah dari seorang artis dalam berkarya.
 
 
2. Referensi film
 
Secara visual, fans menemukan MV 'Black Swan' ini mirip banget setting-nya sama film 'Black Swan'. Film arahan Darren Aronofsky itu bercerita tentang seorang balerina yang berusaha untuk bisa sukses di dunia balet dengan segala kekurangannya. 
 
Salah satu fans yakni @__WildRose2__ merangkum berbagai kemiripan setting visual antara MV BTS ini dengan film yang dibintangi Natalie Portman tersebut.
 
Pertama adalah latar tempat berbentuk panggung teater, mirip dengan tempat di mana tokoh yang diperankan Natalie berlatih dan perform. Untuk MV ini, BTS memang memilih lokasi syuting di Amerika Serikat juga. Tepatnya di Historic Broadway Theater di Los Angeles.
 
Beberapa adegan juga mirip, terutama Jin dan Jimin. Jin tampak bercermin dalam sebuah ruangan putih-keemasan yang penuh kaca. Posturnya sama kayak waktu Natalie Portman juga beradegan di film 'Black Swan'. Kemudian waktu Jimin memakai sayap hitam yang terkembang, bentuknya juga mirip sama yang dipakai Natalie.
 
3. Blood Sweat and Tears dan Fake Love 2.0
 
ARMY yang jeli mungkin langsung sadar kalau setting MV ini terlihat familiar. Yup, sekilas ada beberapa adegan yang mengingatkan penggemar pada salah satu MV lawas BTS, 'Blood Sweat and Tears' alias BS&T. Pertama dari waktu para member membentuk formasi duduk di tangga dengan pakaian hitam-hitam, mirip sama pose mereka waktu di BS&T di mana mereka duduk di sofa dalam sebuah ruangan bergaya Renaissance.
 
Terus di MV BS&T, ada adegan di mana Jin mencium patung dengan sayap hitam. Setelah nonton MV 'Black Swan' ini, penggemar pun berspekulasi kalau patung itu sebenarnya adalah Jimin, di mana cerita 'BS&T' itu bersambung ke 'Black Swan'. Ada juga yang berpendapat itu V sih, karena di MV 'BS&T' punggung V kelihatan seperti luka bekas sayap yang sudah dicabut.
 
Kemiripan lain ditemukan penggemar sama MV 'Fake Love'. Ada adegan di mana J-Hope kelihatan berhadapan muka dengan member lain di kedua MV tersebut. Dengan Jungkook di 'Fake Love' dan  kemudian dengan Suga di 'Black Swan'. Di akhir MV 'Black Swan', terlihat Jungkook juga berjongkok dalam gelap, mirip banget sama adegannya waktu di depan pintu air di 'Fake Love'.
 
4. Tarian yang mirip sama art film
 
Secara koreografi memang BTS punya koreografi sendiri, beda sama yang ada di art film. Tapi ternyata di MV ini, Jimin menunjukkan kebolehannya dalam menarikan koreografi yang sama cantiknya dengan yang ada di art film pertama. Terlepas dari koreografi versi grup, Jimin diperlihatkan menari dengan gerakan yang lebih bebas layaknya penari di art film MN Dance Company.
 
Hmm... padahal waktu mereka nonton MV itu di Bangtan TV, Jimin bilang kemampuannya belum seberapa dibanding dancer kontemporer MN Dance Company. Tarian Jimin di MV 'Black Swan' versi dua ini juga mengingatkan penggemar sama salah satu video pre-debutnya, di mana Jimin masih jadi siswa sekolah dance kontemporer waktu itu. Semua mengakui kalau kemampuan dance Jimin meningkat jauh dari tahun ke tahun.
 
5. Rilis yang nggak diumumkan
 
MV 'Black Swan' ini rilis lima hari setelah MV 'ON'. Nggak ada pengumuman sama sekali. Big Hit pun hanya nge-share timeline comeback sampai perilisan MV 'ON' tanggal 28 Februari saja. Meskipun sejak awal fans berspekulasi kalau bakal ada MV original buat 'Black Swan' juga.
 
Dengan waktu rilis yang tiba-tiba ini, jelas fans terkejut dan bisa dibilang nggak siap. Kalau sebelumnya, fans sudah bisa merencanakan project streaming buat menyambut comeback BTS. Tapi kali ini nggak ada persiapan project apa pun. 
 
Meski demikian, jumlah likes di YouTube langsung meningkat tajam dan mencapai 1 juta likes hanya dalam hitungan 28 menit saja! Dan BTS pun menjadi grup yang mendapat sejuta likes dalam waktu tercepat. Ini ngebuktiin seberapa besar engagement BTS di platform YouTube.
 
Dengan nggak adanya pemberitahuan, barangkali BTS kepengin penggemarnya bisa lebih menikmati karya mereka tanpa harus dipusingkan sama target views di YouTube. Sampai 12 jam sejak periliisan, MV mereka sudah ditonton sampai 12 juta kali. Artinya tanpa ada project pun, mereka ingin membuktikan kalau ternyata masih banyak juga jumlah views yang bisa mereka peroleh di YouTube. (*)
Related Articles
Interest
Penuh Teka-teki dan Teori, Inilah Hasil Cocokologi Fans BTS tentang 'Black Swan'

Entertainment
Kenapa 'Black Swan' BTS Bikin Nagih di Telinga? ini 'Racikan' Rahasianya

Entertainment
Billboard Kupas 5 Resep Rahasia Kejayaan BTS