Portrait

Becky G, Musisi Muda Inspiratif yang Vokal tentang Isu-isu Sosial

Vita Kartika

Posted on March 4th 2020

Becky G dalam acara Billboard Music Awards 2019 lalu (Billboard)

 

Kalian pasti familiar dong, dengan lagu hits “Mayores” dan “Sin Pijama”? Nah, penyanyinya, Becky G baru saja berulang tahun yang ke 23 nih pada 2 Maret lalu. Becky G mulai dikenal publik pada sekitar tahun 2011, ketika ia mengunggah video dirinya yang sedang melakukan cover lagu-lagu yang populer kala itu.

Kalau banyak public figure lain yang biasanya memilih bersikap ‘netral’ dengan tidak memberikan opini apapun untuk menghindari debat dan komentar negatif, tidak demikian dengan Becky G. Dilansir dari Billboard, artis keturunan Meksiko-Amerika ini adalah salah satu public figure muda yang dikenal vokal banget dalam beropini tentang berbagai isu-isu sosial.

Contohnya saja, dalam rangka World Autism Awareness Day pada 2019 silam, Becky G bekerjasama dengan Pop Sockets untuk mendonasikan hingga 50% dari hasil penjualan kepada organisasi Autism Speaks. “This is an organization that I hold very close to my heart because of my little brother Alex and his story,” tulis Becky G di akun Instagramnya.

Penampilan perdananya di runway New York Fashion Week juga adalah bentuk support­-nya terhadap Go Red for Women, salah satu gerakan sosial besutan the American Heart Association untuk mengkampanyekan penyakit jantung dan stroke pada perempuan.

 

Becky G yang tampil menawan dengan gaun merah di runway New York Fashion Week (Celebs First)

 

Nominee dari Billboard Latin Music Awards 2020 ini juga sangat sering menyapa Beasters—para penggemarnya—melalui fitur-fitur di Instagram Story. Salah satunya adalah ketika ia bercerita bagaimana jadwalnya yang sangat sibuk membuatnya sakit, baik secara fisik maupun secara mental.

Setelah memeriksakan diri, ia didiagnosa memiliki penyakit darah rendah, muscle cramps, dehidrasi, gangguan kecemasan, dan peradangan di beberapa bagian tubuhnya. Ia lantas mengajak para followers-nya untuk saling berbagi tips dan cerita. Tindakan Becky G ini mendapat banyak pujian, karena ia menunjukkan bahwa artis bukanlah orang yang sempurna dan bahwa kita perlu menjaga diri dengan baik agar selalu sehat, baik secara fisik maupun mental.

Sebagai warga negara yang baik, Becky G juga sangat vokal mengajak followers-nya untuk melakukan vote ketika pemilu berlangsung. “It’s our responsibility... It’s something we owe to the people before us and to the future. We have to lead by example. I will vote tomorrow and I encourage you to vote as well,” tuturnya.

Tahun lalu, artis bernama lengkap Rebbeca Marie Gomez ini juga berpartisipasi dalam salah satu docuseries dari National Geographic yang bertajuk Activate: The Global Citizen Movement. Ia berbicara tentang bagaimana kesetaraan gender sangatlah penting untuk menyelesaikan masalah kemiskinan global. Isu ini sangat personal baginya, karena Becky sendiri pernah merasakan menjadi homeless ketika ia masih muda. Di episodenya ini, ia melakukan perjalanan ke Meksiko dan memobilisasi massa untuk mendukung bisnis-bisnis yang dijalankan oleh para perempuan di sana. So inspiring!

 

Seri dokumenter Activate: The Global Citizen Movement yang menggandeng Becky G di salah satu episodenya (National Geographic)

 

Sebagai perempuan keturunan Meksiko, Becky G juga banyak terinspirasi dari artis Latin lainnya, seperti Selena Gomez dan Jennifer Lopez. Dalam acara Latin Recording Academy pada 2019 lalu, ia menyatakan bahwa ia bangga akan her authentic self sebagai perempuan Latin. Ia pun mengajak keturunan Latin lainnya untuk mengekspresikan diri mereka secara maksimal. Tidak perlu malu dengan logat, bentuk tubuh, warna kulit, atau apapun itu. Being our true authentic self is more important than the criticism we have faced for being brave,” tegasnya.

Senang ya rasanya melihat public figure menggunakan platformnya untuk spread love and good vibes. Kalau kamu sendiri, siapa nih inspirasimu di media sosial? Yuk share di kolom komentar! (*)

Related Articles
Interest
Pusing Pikirkan Jumlah 'Like', Tom Holland Hapus Aplikasi Instagram

Current Issues
Sulitnya jadi Influencer: Sering di-Bully dan Rentan Gangguan Mental

Interest
Rehat dari Medsos Bantu Selena Gomez Cintai Diri Sendiri dan Hindari Depresi