Interest

Love Yourself ala Tara Basro

Delya Oktovie Apsari

Posted on March 4th 2020

Tara Basro (Urban Asia)

 

Unggahan terakhir aktris Tara Basro di akun Instagramnya bikin netizen mewek. Banyak yang meninggalkan komentar kalau mereka terharu, merasa dimengerti, dan kagum sama keberanian Tara!

Perempuan bernama asli Andi Mutiara Pertiwi Basro tersebut dikenal sebagai aktris yang punya #bodygoals. Langsing dan fit, karena pemenang Piala Citra ini memang rajin berolah raga dan menerapkan pola hidup sehat.

 

(Wall of Celebrities)

 

Nah, Selasa (3/3), Tara mengunggah sebuah foto dirinya, yang menunjukkan bentuk tubuhnya yang sebenarnya. Tubuh Tara rupanya nggak seperti perkiraan netizen. Ia termasuk sosok yang curvy! Tara bahkan nggak menutup-nutupi perutnya yang nggak rata seperti beauty standard.

"Dari dulu yang selalu gue denger dari orang adalah hal jelek tentang tubuh mereka, akhirnya gue pun terbiasa ngelakuin hal yang sama.. mengkritik dan menjelek2an. Andaikan kita lebih terbiasa untuk melihat hal yang baik dan positif, bersyukur dengan apa yang kita miliki dan make the best out of it daripada fokus dengan apa yang tidak kita miliki. Setelah perjalanan yang panjang gue bisa bilang kalau gue cinta sama tubuh gue dan gue bangga akan itu. Let yourself bloom" tulis pemeran Maya di film 'Perempuan Tanah Jahanam' tersebut. Tulisan tersebut menemani dua foto hitam-putih Tara yang mengenakan pakaian dalam.

Hingga artikel ini ditulis, jumlah likers di fotonya sebanyak 224.677, sedangkan komentarnya mencapai hampir 9.700. Banyak netizen yang meninggalkan komentar panjang, mencurahkan isi hati mereka yang kemudian dibalas langsung oleh Tara. Salah satunya @mariaaulfaa.

"Selama ini aku sedih banget banyak orang sering bilang aku kekurusan, dibilang kaya orang kurang gizi, cacingan lah, depresi, kaya orang anoreksia, tipis banget kaya triplek, kaya orang gak dikasih makan daaaan sebagainya. Pernah di depan cermin, nangis kejer sendiri gatau kenapa, ngerasa malu, super minder, aku sejelek itu ya? aku sekurus itu ya? Padahal disaat yang bersamaan, aku cuma bersyukur yang terpenting masih bisa dikasih sehat sama Tuhan. Mbak Tara, terima kasih untuk postingannya yang menguatkan, yang dampaknya bisa buat orang-orang jauh lebih menyadari untuk mencintai diri sendiri. Jadi sadar aku gak pernah butuh validasi orang lain terhadap tubuhku sendiri. Selalu jadi inspirasi ya Mbak."

Soal tubuhnya saat ini, Tara menjawab rasa penasaran netizen melalui komentar yang ditulis oleh @kiraniputri1. Sang pemilik akun bertanya apakah Tara berhenti olah raga atau stop makan sehat, karena ia selalu merasa kalau Tara tipe yang seringkali makan sehat.

"dulu malahan selalu push badan melebihi limit, yang penting fit in ke beauty standard yang ada di kepala, tapi setelah bisa belajar mendengarkan apa yang tubuh butuh dan inginkan, jadi bisa lebih wise, dan happy, karena menikmati setiap moment. Sampai hari ini masih belajar, tapi skrg junjungannya apapun yang dilakuin ideal nya harus respectful ke diri sendiri"

Tara lalu menambahkan satu komentar lagi di bawahnya, "dan skrg makan berimbang yang enak2 yang sehat2 juga dan olahraga juga masih".

Keputusan Tara untuk menunjukkan tubuh aslinya memang bukan hal mudah. Buktinya, Kominfo sudah siap-siap menjegalnya dengan UU ITE. Namun, melihat respon baik yang ia terima di Instagram hingga Twitter, she definitely has done something important! And rare, mengingat nggak banyak figur publik Indonesia yang mengkampanyekan love yourself dengan cara begini.

Merupakan sebuah fakta, kalau kebanyakan perempuan susah merasa puas dengan bentuk tubuh mereka. Inilah mengapa perlu banget untuk mencintai diri sendiri dan mempraktikkan body positivity.

Dilansir dari Psychology Today, body positivity adalah kepercayaan diri dalam menerima tubuh kita, tanpa memedulikan pandangan sempit dari apa yang lingkungan kita tetapkan sebagai 'tubuh yang diinginkan' atau 'tubuh yang diterima'.

Di Amerika Serikat sendiri, body positivity baru digalakkan setidaknya lima tahun terakhir ini. Deretan brand besar mulai menampilkan diversity lewat perbedaan ras dan bentuk tubuh. 

 

Kampanye body positivity Nike (Glamour)

 

Ketika majalah Time menobatkan musisi Lizzo sebagai Entertainer of the Year pada tahun 2019, mereka mengungkap bahwa alasannya adalah 'we need her'.

 

 

"Lizzo bagai seberkas cahaya bersinar di antara malapetaka dan kesuraman, (ia) mengatakan pada kita untuk mencintai diri sendiri meski dunia tidak selalu mencintai kita. Kita butuh dia."

Jadi, gimana? Are you ready to love yourself? (*)

Artikel Terkait
Interest
Rehat dari Medsos Bantu Selena Gomez Cintai Diri Sendiri dan Hindari Depresi

Portrait
Becky G, Musisi Muda Inspiratif yang Vokal tentang Isu-isu Sosial

Entertainment
Cerita Billie Eilish Hadapi Komentar Buruk tentang Tubuhnya