Entertainment

Billboard Kupas 5 Resep Rahasia Kejayaan BTS

Delima Pangaribuan

Posted on March 4th 2020

 

Kesuksesan BTS di comeback kali ini bikin banyak penikmat musik non fans pun bertanya-tanya. Apa sih resep rahasia boygroup yang lagu-lagunya nggak ada yang berbahasa Inggris ini bisa sukses dan diterima di seluruh dunia? Nah, Billboard tertarik nih buat mengupas "resep rahasia" mereka.

Melansir Koreaboo, ada lima hal yang menurut pengamat musik Billboard membuat grup beranggotakan tujuh orang ini bisa sukses besar dan menorehkan beberapa prestasi dan rekor. Ulasan ini dibuat karena baru saja BTS meraih posisi ke-4 dalam Billboard Hot 100 dengan lagu 'ON'. Posisi tertinggi yang pernah dicapai idol group KPop di chart tersebut.
 
Pengamat musik menilai pencapaian ini sangat fantastis karena album baru BTS baru saja dirilis nggak sampai dua pekan lalu. Menandakan seminggu debut pertama album ini sudah berlangsung dengan luar biasa. Berikut lima rahasia sukses comeback BTS dengan 'ON' dan album 'Map of the Soul: 7' versi cocokologi Billboard.
 

1. Metode promosi yang unik
 
 
Pendapat pertama datang dari staf dan kolumnis Billboard Tatiana Cirisano. Menurut Tatiana, metode promosi unik yang dilakukan BTS pada comeback kali ini membuat engagement BTS di pasaran lebih sukses. Terutama, promosi itu membuat ARMY makin membludak karena penasaran sama boygroup yang diketuai sama RM ini. 
 

Dia membandingkan promosi ala BTS ini dengan cara promosi artis Barat pada umumnya. Biasanya setelah merilis lagu dalam bentuk audio atau music video di YouTube, si artis akan menyanyikannya satu dua kali di depan publik, lantas berganti ke metode komunikasi lain untuk promosi. Sementara BTS meninggalkan cara tersebut dan justru berkutat pada karya mereka dengan cara yang berbeda-beda, yang memaksa semua mata tertuju pada BTS.
 
Dimulai dari merilis trailer dua lagu dalam bentuk MV, kemudian merilis single pertama bulan Januari, dan baru merilis album full pada 21 Februari. Nggak berhenti di situ, BTS juga memanjakan penggemar dengan menyajikan dua MV berbeda untuk satu lagu yang membuat ARMY makin semangat streaming. Jumlah streaming yang besar itulah yang mengantarkan BTS bisa sampai pada chart-chart tertinggi di berbagai negara.
 
 
2. Menonjolkan sifat otentik diri sendiri
 
 
Kedua adalah pendapat dari music expert Billboard Eric Frankenberg. Dia meyakini BTS bisa sukses besar karena menonjolkan keaslian mereka sendiri. BTS nggak mencoba menjadi seperti artis lain yang sudah lebih terkenal dari mereka sebelumnya. BTS meyakini mereka punya jalan sendiri dan keukeuh menggunakan cara mereka sendiri dalam memproduksi lagu dan menyapa penggemar.
 
Eric menjelaskan, seringkali artis terjebak pada pembuatan lagu yang memang bakal sukses dengan bantuan produser yang sudah berpengalaman, namun seringkali nggak sesuai sama image atau aliran musik mereka. Harusnya dia awalnya idealis rock tapi kemudian "terpaksa" jadi agak EDM demi membuat dirinya lebih ramah ke telinga fans baru. 
 
BTS nggak memakai cara itu dan tetap setia dengan musik mereka sendiri, bahkan semakin menonjolkan jenis musik yang mereka pakai waktu zaman debut. Dalam wawancara dengan beberapa media dan TV show pun, BTS mengakui mereka nggak takut kalau nanti nggak sukses jika mereka membuat lagu yang mereka mau, bukan yang pasar mau. Karena itulah diri mereka yang sebenarnya, dan mereka bangga jadi diri sendiri.
 
3. Berusaha mengeksplor musik
 
 
Meskipun sekilas karya-karya BTS di album baru ini menarik penggemarnya kembali ke masa-masa awal mereka debut, tapi Billboard mengakui album kali ini juga sarat dengan eksplorasi musik yang dinamis. Kolumnis Billboard Jason Lipshutz berkomentar bahwa hal yang membuat BTS sukses adalah keberanian mereka mencoba musik-musik baru.
 
Misalnya di track 'Black Swan', mereka menggunakan unsur klasik dan tradisional yang mendayu. Sementara di 'ON', BTS menggunakan anthemic stadium-music yang sarat sama perkusi dan bunyi-bunyian marching band, yang bikin lagu itu terdengar gagah. Member BTS juga ikut menulis lirik lagu mereka dan memasukkan personality mereka dalam lagu-lagu itu. Mereka nggak stick ke satu struktur lagu pop saja tapi berkreasi dengan rap dan unsur musikal.
 
Pesan-pesan yang disampaikan pun nggak cuma kata-kata kosong yang asal pas saja masuk ke nada yang dibuat. Tapi kata-kata itu dipikirkan sedemikian rupa agar bisa menyampaikan berbagai pesan tentang kehidupan yang ingin mereka kritisi. Seperti ujaran kebencian di internet, kesehatan mental, dan sebagainya.
 
 
4. Pede dengan Bahasa Korea
 
 
Go international nyatanya nggak harus selalu dilakukan dengan membuat lagu berbahasa Inggris. BTS buktinya. Mereka tetap memproduksi lagu dalam bahasa Korea meskipun kerap mendapat pertanyaan dari media kenapa nggak bikin lagu bahasa Inggris saja biar bisa semakin gampang diterima di pasar Barat.
 
Kolumnis Billboard Mia Nazareno menyebut kepercayaan diri BTS untuk tetap menggunakan bahasa Korea justru menjadi kunci sukses mereka. Selain itu merupakan cara yang paling nyaman buat para member menyampaikan musik mereka, karya BTS bisa menjadi gerbang bagi penggemar untuk mengenal budaya lain di luar budaya pop Barat lebih luas lagi. Bahwa musik yang asyik itu nggak melulu yang berbahasa Inggris.
 
Nazareno menggarisbawahi bahwa penampilan artis akan bisa lebih total kalau mereka bisa menyanyikan lagu dalam bahasa mereka sendiri atau bahasa yang memang membuat mereka nyaman. Alih-alih dijauhi sama yang nggak ngerti bahasa Korea, orang justru jadi tertarik dan pengen tahu apa arti lagu itu tanpa harus menuntut penyanyinya bikin lagu mereka dalam versi bahasa Inggris.
 
 
 
5. Punya semestanya sendiri
 
 
Kerennya artis KPop besar pada umumnya adalah mereka punya basis fans yang loyal. Termasuk BTS. Penulis Billboard Andrew Unterberger menilai popularitas dan basis fans yang kuat ini membuat BTS punya semestanya sendiri di kancah musik internasional. 
 
Semesta itu diciptakan berkat kerja keras BTS dan dukungan fans yang totalitas. Meskipun BTS beberapa kali berkolaborasi dengan artis lain seperti Nicki Minaj, Halsey, Sia, dan Troye Sivan, nama mereka nggak tenggelam dibanding artis-artis itu dan mereka tetap dominan. BTS punya standar sendiri sebagai artis dan nggak mau copycat kesuksesan artis-artis lain. (*)
Artikel Terkait
Entertainment
Masuk Billboard Hot 100, Lagu 'ON' BTS Duduki Peringkat 4!

Entertainment
BTS Ungkap Cerita di Balik MV 'ON' dan 'Black Swan' Serta Pilih Scene Favorit

Entertainment
3 Alasan Kenapa BTS Puncaki Billboard 200 Merupakan Prestasi Luar Biasa