Current Issues

Hand-Sanitizer Langka? Bikin Sendiri Yuk!

Hani Ayu Rahmatiah

Posted on March 4th 2020

(Her World)


Bukan cuma masker, satu produk kebersihan yang auto langka pasca pengumuman penemuan kasus positif corona di Indonesia ialah hand-sanitizer. World Health Organization (WHO) juga memang menyarankan untuk selalu mencuci tangan agar mengurangi resiko tertular penyakit menular. Tapi untuk selalu cuci tangan dengan sabun dan air, kayanya bakal ribet kan ya? Oleh sebab itu nggak heran kalo hand-sanitizer jadi salah satu yang paling dicari saat ini.

Jangan khawatir pas ngeliat stoknya di mana-mana udah abis atau ketemu yang jual dengan harga yang udah gak make sense lagi. Calm yourself down! Kamu bisa bikin hand-sanitizer sendiri di rumah dengan resep ala Anne M. Helmenstine, PhD Biomedical Science dari University of Tennessee, USA ini lho.

 

(iStock)

 

Bahannya cuma dua: 99% rubbing alcohol (isopropyl/ethanol) dan aloe vera gel.  Kamu juga bisa menambahkan minyak aroma apapun untuk memberikan sensasi wewangian.

Cara bikinnya super gampang! Kamu siapkan 2/3 gelas alkohol, tambahkan 1/3 gelas aloe vera gel lalu diaduk deh sampai menyatu dengan rata dan sempurna. Voila! Jadi deh. Kamu bisa masukkan hand-sanitizer ini ke dalam travel-size reusable bottle atau di manapun yang kamu.


Ada beberapa hal yang mesti diinget sih. Pertama, biar hand-sanitizer-nya bekerja secara maksimal, kamu mesti pilih isopropyl alcohol yang kekuatannya minimal 60%. Yang paling recommended ya yang 99%. Jangan yang kekuatannya di bawah 60% ya.

Terus ketika pake hand-sanitizernya, seharusnya setelah diusap penuh di tangan, kamu mesti diemin dulu sampai hand-sanitizer-nya kering dulu. Jangan dilap apalagi dibilas, sama aja bohong, heheu...

Tapi, harap diingat ya gengsHand-sanitizer DIY ini cuma buat alternatif aja. Kamu bakal lebih aman kalau pakai hand-sanitizer buatan ahli yang memang sudah melewati tahap quality control ketat. Selain itu, hand-sanitizer buatan sendiri ini nggak menjamin kalau kamu bakal terbebas dari virus, termasuk COVID-19. Bakal lebih baik kalau kamu rajin cuci tangan pakai sabun di air mengalir, atau mengganti hand-sanitizer dengan rubbing alcohol yang konsentrasinya 70 persen. Rubbing alcohol ini bisa kamu beli di apotek. (*)

Related Articles
Interest
Tangkal Coronavirus, Ini 5 Rekomendasi Hand Sanitizer dengan Harga Terjangkau

Current Issues
Coronavirus, Virus Baru Mirip Pneumonia yang Menular Antar Manusia

Interest
Tetap Tenang! Tingkat Kesembuhan Corona di Dunia Kini Semakin Tinggi