Interest

Resmi! WhatsApp Tambahkan Fitur Dark Mode, Begini Cara Pakainya

Mainmain.id

Posted on March 4th 2020


(foto: engadget)

Setelah melakukan proses ujicoba fitur dark mode --dan banyak mendapatkan komplain-- akhirnya WhatsApp resmi menambahkan fitur tersebut. Hal itu diungkapkan dalam rilis WhatsApp yang ada di blog resminya.

"Kami sangat senang dapat merilis pembaruan WhatsApp dengan fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna di mana pun mereka berada, yaitu mode gelap (dark mode)," tulis WhatsApp.

Dark mode itu dihadirkan untuk memberikan pengalaman membaca pesan yang lebih nyaman. Terutama ketika berada di lingkungan dengan cahaya rendah. "Kami harap fitur ini dapat membantu mencegah situasi yang tidak nyaman ketika telepon Anda menerangi ruangan," tulis rilis tersebut.

Ketika merancang dark mode tersebut, tim teknis WhatsApp memfokuskan penelitian pada dua area. Pertama soal keterbacaan pesan. Mereka berharap fitur dark mode bisa meminimalkan kelelahan mata serta memungkinkan tampilan WhatsApp menggunakan warna yang lebih mendekati default sistem pada iPhone dan Android.

Fokus penelitian mereka yang kedua adalah hierarki informasi. WhatsApp ingin membantu pengguna agar dapat dengan mudah memusatkan perhatian mereka pada layar ponsel. "Kami melakukan hal ini dengan menggunakan warna dan elemen desain untuk memastikan informasi yang paling penting terlihat mencolok," tulis rilis WhatsApp.

Saat ini WhatsApp telah menyediakan pembaruan atau update untuk pengguna di sejumlah negara. Dari pengecekan yang dilakukan mainmain.id, beberapa ponsel yang digunakan di Indonesia masih belum mendapatkan update fitur dark mode. Baik di PlayStore (untuk ponsel Android) maupun AppStore (untuk perangkat iPhone).

Jadi, jika kalian mengecek ke PlayStore atau AppStore belum ada pilihan update WhatsApp, sabar dulu ya. Dalam beberapa hari ke depan pasti muncul. Sebab, dilansir dari Gizmodo, juru bicara WhatsApp menyebut pembaruan ini akan diluncurkan secara bertahap dalam beberapa hari ke depan.  

Jika kalian sudah menemukan opsi update WhatsApp, segera lakukan pembaruan. Cara menggunakan fitur dark mode juga mudah.

Bagi pengguna Android 10 dan iOS 13 penggunaan fitur dark mode bisa dengan mengaktifkannya di pengaturan sistem. Sedangkan pengguna Android 9 --atau yang lebih lama-- dapat mengaksesnya dengan membuka Setelan WhatsApp > Chat > Tema > pilih 'Gelap' atau 'Dark'. Selamat mencoba ya, fitur dark mode bisa bikin kalian makin betah chit-chat di malam hari.(*)

Related Articles
Interest
Uji Coba Dark Mode WhatsApp Masih Banyak Bug

Interest
WhatsApp di Android Versi Gingerbread Tak Bisa Lagi Dipakai

Interest
Facebook Siapkan 'Facebook Pay', Bisa Juga Digunakan di WhatsApp dan Instagram