Entertainment

Masuk Billboard Hot 100, Lagu 'ON' BTS Duduki Peringkat 4!

Delima Pangaribuan

Posted on March 3rd 2020

 
 
BTS mencetak tinta emas kembali di Billboard. Selasa pagi ini (3/3), lagu baru BTS "ON" akhirnya masuk ke chart Billboard. Dan sebagai new entry, lagu utama album 'Map of the Soul: 7' ini langsung menempati urutan ke-4! Ini merupakan pencapaian luar biasa sekaligus rekor terbaru yang dipecahkan BTS.
 
Melansir Billboard, lagu "ON" masuk ke Billboard Hot 100 dan langsung nangkring di 10 besar. Ini merupakan lagu ketiga BTS yang masuk 10 besar chart paling diperhitungkan di musik global itu. Sebelumnya ada "Boy With Luv" featuring Halsey yang berhasil menduduki peringkat ke-8 dan "Fake Love" yang tembus peringkat ke-10 pada 2018.
 

Jelas ini jadi rekor terbaru BTS mengalahkan rekor mereka sendiri sebelumnya. Billboard menyebutnya sebagai "highest peaking" alias puncak tertinggi yang sudah dicapai BTS saat ini. Lagu "ON" akhirnya bisa bangga nangkring bersama lagu-lagu populer dunia lainnya seperti "The Box" milik Roddy Rich dan "Circle" dari Post Malone.
 
BTS juga menjadi artis Korea Selatan tertinggi di Billboard Hot 100 setelah PSY. FYI, rekor PSY sampai saat ini masih yang tertinggi. "Gangnam Style" masih menjadi lagu tersukses dari artis Korea Selatan dengan meraih ranking ke-2 di chart tersebut pada 2012. Lagu PSY lainnya, "Gentlemen", juga merajai Billboard Hot 100 dengan ranking ke-5 pada 2013.
 
Sementara itu, dari segi penjualan, lagu "ON" juga mencapai peringkat nomor 1 di Digital Song Sales. "ON" jadi lagu ketiga yang meraih posisi puncak itu setelah "IDOL" featuring Nicki Minaj dan "Fake Love". Billboard mencatat, "ON" diunduh 86 ribu kali dalam sepekan sejak rilis. Jumlah ini jadi yang terbanyak dalam setahun terakhir setelah ledakan penjualan lagu "ME!" oleh Taylor Swift pada Mei 2019. Waktu itu, Taylor mencatat prestasi dengan 193 ribu download.
 

Versi Streaming Song, "ON" mencapai peringkat ke-12 dengan jumlah streaming menembus 18,3 juta kali di Amerika Serikat saja. Billboard memperkirakan jumlah streaming-nya bakal bertambah drastis di chart minggu kedua bulan Maret, karena BTS merilis lagi MV "ON" versi sinematik Jumat lalu.
 
Belum puas dengan pencapaian itu, BTS juga menembus penjualan album tertinggi. Per 2 Maret 2020, album 'Map of the Soul: 7' terjual hingga 5.069.000 copy. Dengan ini, album tujuh tahun BTS ini menjadi album terlaris kedua sepanjang masa dan world fastest selling album setelah album Adele "25" yang mencapai 6 juta copy. 
 
ARMY pun mengucapkan selamat buat pencapaian baru BTS di kancah musik internasional ini. Mereka juga meramaikan berita Billboard BTS ini dengan tagar #BTSWORLDDOMINATION di Twitter. Selain "ON", ARMY juga merayakan "My Time" dan "Filter" yang juga masuk Billboard Hot 100 di peringkat ke-84 dan ke-87. Selamat buat BTS, terima kasih sudah membuat ARMY bangga! (*)
Related Articles
Entertainment
'Filter'-Jimin BTS jadi Lagu Solo K-Pop Terbanyak Didengarkan di YouTube Music!

Entertainment
3 Alasan Kenapa BTS Puncaki Billboard 200 Merupakan Prestasi Luar Biasa

Entertainment
Billboard Kupas 5 Resep Rahasia Kejayaan BTS