Current Issues

On This Date: 2 Maret 1995, Yahoo! Resmi Jadi Perusahaan

Delima Pangaribuan

Posted on March 2nd 2020

Generasi Z sekarang mungkin kurang familiar sama situs Yahoo! yang modelnya mirip Google ini. Tapi, Yahoo! sempat merajai internet pada masanya, dan jadi andalan late boomers dan generasi milenial awal buat menjelajah internet dan mencari berbagai informasi.

Mengutip Wired, hari ini merupakan hari didirikannya perusahaan Yahoo! tepat 25 tahun yang lalu. Nama awal situs pencarian ini sendiri adalah "Jerry's Guide to the World Wide Web". Nama yang panjang dan nggak komersial sama sekali. Tapi, situs yang dirancang sama dua lulusan Stanford University ini, Jerry Yang dan David Filo, menarik banyak pihak karena potensi bisnis yang besar.
 
 
(Search Engine Land)

 
Jerry Yang dan David Filo mulai mengoperasikan situs pencarian ini pada 1994. Setelah mendapat perhatian beberapa orang yang tertarik untuk bekerja sama dan investasi, situs pencarian ini lantas dibuatkan perusahaan di Sunnyvale, California. Namanya pun berganti jadi Yahoo!
 
Setelah memiliki perusahaan dan berakuisisi dengan banyak partner, Yahoo! lantas berkembang nggak cuma sebagai situs pencarian saja. Yahoo! membangun hampir semua jenis layanan internet yang bisa dibayangkan saat itu. E-mail, instant messaging, media sosial, video sharing, portal berita, sampai situs online shopping. 
 

Harus diakui kejayaan Yahoo! kemudian sedikit demi sedikit meredup karena persaingan bisnis. Terutama setelah munculnya Google yang sampai hari ini masih merajai dunia web search engine. Meski begitu, Yahoo! patut diacungi jempol karena masih bisa bertahan sampai sekarang dengan kondisi perusahaan yang cukup stabil. Berbeda sama layanan situs pencarian lain yang lebih kesulitan seperti AOL dan Lycos.
 
Yahoo! bertahan dengan berbagai akuisisi sejumlah perusahaan besar. Seperti Verizon Communication pada 2017, di mana kemudian didirikan perusahaan turunan Yahoo! yakni Altaba Inc. Altaba menggerakkan seluruh komponen yang dulunya milik Yahoo! dan nggak dibeli lewat akuisisi sama Verizon Communication. Beberapa di antaranya ada Yahoo Search, Yahoo Mail, Yahoo Maps, Yahoo Finance, Yahoo Groups, dan Yahoo Messenger. 
 
Selama 25 tahun ini juga, Yahoo! menciptakan dan menutup layanan aplikasi mereka. Beberapa yang ditutup dengan alasan sering nge-bug atau Yahoo! sudah bergabung sama aplikasi lain untuk mengadakan layanan serupa. Misalnya Yahoo Photos, dihapus pada 2007 karena mereka sudah bekerja sama dengan Flickr.
 
Juga ada Yahoo Koprol, yang khusus ada di Indonesia sebagai situs media sosial berbagi lokasi tanpa GPS. Yahoo! membeli situs Koprol itu pada 2011, tapi sayangnya cuma berjalan selama kurang lebih setahun. (*)
Related Articles
Current Issues
Asal-usul Dalgona Coffee yang Berawal dari Jajanan Masa Kecil Korea

Current Issues
Awal Mula Perseteruan antara Amerika Serikat dan Iran

Current Issues
Kisah di Balik Gaun Hitam Legendaris Audrey Hepburn