Current Issues

Pemerintah Liverpool Akan Bangun Taman Untuk George Harrison  

Surya Dipa Nusantara

Posted on February 27th 2020

 

The Beatles, adalah salah satu band yang turut menjadikan Liverpool sebagai kota yang diimpikan oleh sejuta musisi. Sebelum tren British Invasion—musisi Inggris berbondong-bondong hijrah ke Amerika Serikat karena peraturan pajak yang mencekik—Liverpool mulanya hidup dalam gemerlap hiburan. Dan George Harrison, adalah anak muda yang turut mengharumkan nama kota yang terletak di pelabuhan itu.

Dua hari lalu, (25/2) George merayakan ulang tahunnya yang ke-77. Di hari itu juga, ia mengumkan bahwa tengah mengarap sebuah proyek bernama George Harrison Woodland Walk, di Allerton, sebelah selatan kota Liverpool. Nantinya, tempat itu akan menjadi ruang terbuka hijau, dan pusat sirkulasi udara dimana ia dilahirkan, Liverpool.

Kelak, seluruh seniman yang diajak berkolaborasi untuk mengarap berbagai instalasi di taman itu adalah para Liverpooldian—warga kota sekaligus pendukung tim sepak bola Liverpool FC. Mereka, nantinya diminta untuk merespon lirik-lirik yang ditulis oleh George Harrison, baik semasa di The Beatles dan album solonya, lalu digubah menjadi sebuah karya seni.

Walikota Liverpool, Joe Anderson, mengatakan bahwa ia menginisiasi taman ini karena melihat kecintaan seorang warganya, George Harrison, yang sangat peduli akan alam dan ruang terbuka. “Saya perhatikan ada ruang hijau kosong dari perusahaan swasta yang tidak digunakan. Lalu kami berbicara dengan istri dan anak George, Olivia dan Dhani untuk konsep tamannya untuk menjadi memorial park bagi suami dan ayah mereka.

Selain itu, nantinya di taman itu juga akan digelar sekolah anak terbuka. Karena, selain mencintai alam, George Harrison juga selalu dekat dengan anak-anak hingga akhir hayatnya. “George lebih suka dipanggil tukang kebun daripada musisi. Ia bisa menghabiskan waktu bersama anak-anak di sana, atau sendirian memangkasi rumput. Aku rasa ia akan senang di sana, bahwa di dunia, ia masih dirayakan dan namanya diabadikan sebagai alam bebas,” ujar Olivia Harrison, istri George Harrison.

Artikel Terkait
Interest
Surabaya Yang Makin Ramah Lingkungan

Korea
Usung Konsep Retro, Ini Teori di Balik MV BTS 'Dynamite'

Entertainment
Selain Ariana Grande, Deretan Artis Ini Pernah Pecahkan Rekor Billboard!