Current Issues

Nilaimu Jelek atau Sedang Putus Cinta? Ini Solusi Untukmu

I Kadek Wira Aditya

Posted on February 26th 2020

 

Kebayang nggak sih kalo hampir setiap hari kamu bakal melewati masalah dalam hidupmu. Entah karena nilai ujian sekolahmu yang ternyata hasilnya tidak sesuai ekspektasi atau taunya pacar kamu lagi selingkuh di belakang kamu. Dua contoh tadi mungkin saja bakal menjadi masalah atau beban tersendiri bagimu. Bahkan itu juga bisa berdampak pada dirimu dalam menjalani aktivitas lainnya dalam sehari.

Terkadang, pas di kondisi itu kita perlu banget untuk positive thinking terhadap masalah yang kita hadapi saat itu juga. Nah berikut cara untuk kamu tetap positive thinking Neel Burton MD, dari psikiatri dan dosen di Universitas Oxford, Inggris dilansir dari Psychology Today.

 

 

Tentu ketika baru mendapat kabar buruk pertama kali, pikiran kita seakan-akan kacau. Kamu akan merasa down dan tidak percaya diri seketika. Menarik nafas dalam-dalam dan melepasnya akan membantu menenangkan dirimu pertama kali. “Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan tahan udara selama beberapa detik. Kemudian kencangkan bibirmu dan secara bertahap biarkan udara keluar. Keluarkan udara sebanyak yang kamu bisa. Lanjutkan sampai dirimu merasa lebih santai”.

 

Setalah dirimu berangsur tenang, kamu akan mulai memahami masalahmu seperti apa. Masalah yang awalnya berdampak pada beberapa hal lain dari dirimu kemudian akan fokus hanya ada satu masalah. Kamu kemudian akan mulai memikirkan dampaknya yang terjadi jika masalah tersebut terus ada dan mulai mencari solusinya. “Masalah pasti akan datang sekarang atau bahkan mungkin nanti. Tapi, sering kali masalah yang kita hadapi adalah sebenarnya hal positif yang sering kita terima dari biasanya namun sedang dalam posisi yang terbalik. Jadi kita sangat berpeluang untuk merubah itu kembali”.

 

Kamu akan mengetahui siapa atau apa yang sebenarnya menjadi penyebab kamu mendapatkan masalah. Tapi ketimbang kamu menyalahkan orang lain atau keadaan, cobalah untuk mengontrol dirimu. Pikirkan bagaimana seandainya orang lain perlu mengalami masalah yang sama seperti dirimu. Yakinkan dirimu kalau orang lain mungkin saja tidak akan sekuat dirimu dalam menghadapi masalahnya. “Seandainya kamu terpikirkan untuk membalas, tidak ada salahnya untuk membalasnya dengan hal baik atau mungkin justru tidak perlu melakukan apa-apa sama sekali.”

 

Meski demikian, sering kali masalah yang kamu hadapi tidak serta merta dapat kamu hadapi sendiri. Kamu akan perlu dukungan dari orang terdekat untuk membantumu. Bisa orang tua atau sahabat yang menjadi orang terdekatmu. “Atau seorang profesional seperti psikolog misalnya juga dapat membantumu dalam menghadapi masalah jika tidak ada orang terdekat. Yang terpenting adalah orang tersebut dapat tahu bagaimana mendengarkan dan bagaimana menanggapimu sehingga tidak semakin memperburuk masalah yang kamu hadapi”

 

 

Tidur cukup dan berolahraga akan membantumu memiliki mood yang bagus. Setidaknya tidur tidak terlalu malam dan coba jadwalkan rutin untuk berolahraga tiap minggu. Dengan mood yang bagus, kamu akan semakin mudah menyelesaikan tiap datang masalah. "Kedua hal itu akan membantumu menghasilkan hormon endorfin dalam tubuh, yang akan memberikan efek dirimu akan merasa senang dan menghilangkan stres dari masalah yang sedang kamu hadapi".

Related Articles
Current Issues
Apa itu Abusive Relationship dan Gaslighting?

Current Issues
Menilik Cara Steve Jobs, Brad Pitt hingga Mark Ruffalo Melawan Gangguan Mental

Current Issues
Kenapa Orang Narsis Rentan Depresi?