Current Issues

Chitetsu Watanabe, Pria Tertua di Dunia Tutup Usia di Umur 112

Surya Dipa Nusantara

Posted on February 26th 2020

 

Chitetsu Watanabe tercatat sebagai orang tertua yang hidup di dunia. Namun pada hari Selasa (26/2), Watanabe berpulang saat usianya menginjak 112 tahun. Kematian Watanabe dikabarkan oleh pemerintah Niigata, sebuah kota kecil di jepang tempat di mana Watanabe dilahirkan dan meninggal.

Watanabe dilahirkan pada 5 Maret 1907. Menjalani hidup sebagai seorang petani, ia terbiasa hidup berpindah-pindah. Menghabiskan masa muda di Niigata, Watanabe juga pernah pindah ke Taiwan dan bekerja di perkebunan tebu.

Setelah berkeluarga, ia memutuskan untuk kembali ke Jepang, dan bekerja sebagai karyawan di sebuah kantor pertanian hingga penisun. Di sisa-sisa usianya, Watanabe menghabiskan masa tuanya di sebuah panti jompo, di kota ia lahir dan dibesarkan, Niigata. 

 

 

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar lokal pada Januari 2019, Watanabe mengatakan, bahwa rahasia ia bisa memiliki umur panjang adalah untuk terus bahagia. “Jangan mudah marah, dan tetap sunggingkan senyum di wajah anda. Maka, senantiasa hidup akan terasa ringan, dan itu akan membuat umur lebih panjang,” pesan Watanabe.

Hingga 12 Februari 2020 lalu, menurut catatan Guinness World Records, Watanabe adalah manusia tertua yang masih bertahan hidup. Jika saja usianya lebih panjang lima tahun, ia akan mengeser Jiroemon Kimura, pria asal Jepang juga, yang meninggal di usia ke-116 tahun 54 hari pada Juni 2013 lalu. (*)

Artikel Terkait
Current Issues
Peneliti: Vitamin K Mungkin Dapat Membantu Melawan Covid-19

Current Issues
Maju-Mundur Menggelar Olimpiade Tokyo di Tengah Pandemi Covid-19

Current Issues
Kangen Piknik? Berikut Daftar Lengkap Negara yang Siap Kalian Kunjungi