Entertainment

RM Menangis Ketika Mengerjakan Album BTS 'Map Of The Soul: 7'

Regina

Posted on February 25th 2020

BTS (Elite Daily)

 

Baru saja merilis album terbaru yang sangat dinanti-nantikan, ‘Map of the Soul:7’ pada 21 Februari, BTS mengadakan konferensi pers global. Dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di YouTube dari Seoul tanpa kehadiran publik dan pers karena wabah corona itu bicara banyak hal dan serius tentang ‘MOTS:7’.

RM, leader BTS, mengatakan bahwa proses penulisan album merupakan hal emosional dari pribadi masing-masing. Dia mengatakan bahwa menulis lagu ‘Black Swan’, ‘Louder than Bombs’, dan ‘We are Bulletproof: The Eternal’ membuatnya menangis. “Ketika saya mengerjakan lagu-lagu ini, saya menangis karena saya ingat masa lalu,” katanya seperti dikutip dari Teen Vouge.

Member yang bernama asli Kim Namjoon itu menganggap lagu tersebut sebagai keberaniannya dan penerimaannya terhadap kelemahan diri sendiri. “Saya pikir ini adalah perjuangan di mana harus bisa mengakui kelemahan diri sendiri, dan aku masih takut untuk mengungkapkan rasa ketakutanku,” jelasnya lagi.

RM mengakui bahwa menjadi member BTS merupakan perjalanan hidupnya yang beragam. Dia melalui banyak hal selama menjadi member. “Saat saya melihat kembali dalam tujuh tahun terakhir, ada saat-saat di mana kami pikir kami melakukan dengan benar, saat itu kami memang masih naif,” tambahnya.

Dia juga merasa bahwa ARMY (fans BTS) memiliki banyak pengaruh dalam kehidupan mereka. “Saya bertanya-tanya mengapa kami sangat beruntung, para ARMY di seluruh dunia mengawasi kami, anggota pers juga. Dan karena kalian kami bisa berpijak kuat. Sebenarnya kami tidak sehebat itu, kami hanya berusaha melakukan yang terbaik, dan kami ingin selalu melanjutkan mebuat lagu,” katanya.

Jin juga tersentuh secara emosional dalam perjalanan membuat album itu. Ketika diminta untuk menggambarkan tema ‘MOTS:7’, dia mengatakan bahwa album ini akan bertajuk ‘pengakuan’. “Kami bernyanyi untuk dunia dan kami ingin mendeskripsikan diri masing-masing. Kami ingin mengungkapkan diri kami yang telah lama kami sembunyikan. Ini adalah pengakuan kami,” kata Jin.

Para anggota BTS juga sering ditanya oleh pers dunia mengapa musik mereka sangat digemari banyak orang. “Ketika kami ke New York ada pers yang melemparkan pertanyaan itu, saat itu aku jawab dengan becanda kalau lagu kami memang hebat dan menawan,” katanya.

Namun, dalam pers di You Tube itu, mereka mulai serius berbincang soal albumnya. “Sejujurnya ada banyak faktor kompleks di saat kami bekerja,” ujar Namjoon. Dia ingat saat itu ketika di BBMA tahun 2017, dia mengatakan bahwa menjadi member boy band merupakan proses budaya yang kompleks.

“Ada video, koreografi, musik, yang saya pikir itu merupakan cara berkomunikasi kami kepada para penggemar. Dan itu merupakan proses sebagai seorang seniman,” katanya. Bagi BTS, untuk tetap semangat dan dicintai banyak orang adalah hal yang penting dalam sebuah keberhasilan. (*)

Related Articles
Entertainment
Cerita Haru di Balik Pembuatan Lagu 'My Time' Jungkook 'BTS'

Entertainment
Masuk Billboard Hot 100, Lagu 'ON' BTS Duduki Peringkat 4!

Entertainment
Kenapa 'Black Swan' BTS Bikin Nagih di Telinga? ini 'Racikan' Rahasianya