Interest

Ternyata Ritual Skincare dan Makeup Sudah Ada Sejak Zaman Mesir Kuno

Regina

Posted on February 25th 2020

Riasan ala Masyarakat Mesir Kuno (Nile FM)

 

Misteri tentang Mesir memang selalu menarik. Peradaban Mesir kuno dan ritual-ritualnya sampai saat ini masih diteliti oleh berbagai ahli. Namun, ritual make-up para permaisuri Mesir sudah bukan rahasia lagi. Sebab trik make-up mereka sudah banyak diadaptasi loh.

 

Illustrasi Cleopatra (Bangkok Screening Room)

 

Nah, melansir CNN, dari era paling awal kekaisaran Mesir, pria dan wanita dari seluruh kelas sosial sudah menerapkan eyeliner, eyeshadow, lipstik dan memerahkan pipi. Untuk perkembangan make-up sendiri, dunia banyak dipengaruhi oleh ratu paling terkenal di Mesir, yakni Cleopatra dan Nefertiti.

Namun, orang Mesir kuno tidak hanya mengenakan make-up untuk urusan kecantikan saja. Kosmetik mereka kenakan sebagai fungsi simbolik untuk ritual. Meski urusan kosmetik merupakan hal ‘sakral’, warga Mesir kuno tetap menganggap rutinitas kecantikan mereka dengan serius. Ya, bahkan ada yang berprofesi sebagai penata rias. Di mana para penata rias ini menunjukkan kebolehan mereka dalam mengaplikasikan lipstik dengan berbagai macam gaya. Kalau sekarang istilahnya profesi make-up artist kali ya?

Selain itu, masyarakat Mesir Kuno juga sering merawat kulit mereka. Mereka juga sudah mengenal cermin untuk berdandan. Juga, sebelum merias wajah mereka mempersiapkan wajah mereka dengan berbagai ritual alami. Hmm, kalau sekarang mungkin skincare dulu sebelum apply cushion dan lain-lain.

Mereka juga rajin lulur dan exfoliate kulit dengan garam dari Laut Mati atau mandi susu dan masker madu. Untuk deodoran mereka menggunakan pelet dupa dan minyak yang dibumbui bunga dan rempah agar wangi. Ritual kecantikan ini biasa mereka lakukan sebelum berias.

 

Elizabeth Taylor Memerankan Cleopatra (All Posters)

 

Wah, ternyata apa yang kita lakukan sekarang sudah ada sejak zaman Mesir Kuno ya! Pada tahun 1963, Elizabeth Taylor (aktris Amerika kelahiran Inggris) pernah mendefinisikan bahwa kecantikan Cleopatra sangatlah apik. Ya, saat itu dia sedang memerankan Cleopatra dalam sebuah drama film. Dia terpesona dengan karakter yang diperankannya, karena begitu cantik.

 

Pemotretan Rihanna Majalan Vogue Arab (Vogue Arabia)

 

Sedang tahun 2017, Rihanna meniru dan menyempurnakan make-up ala Permaisuri Agung, Nerefetiti untuk pemotretan majalah Vogue. Dia bahkan membayar royalti pada Nefertiti untuk sebuah pemotretan. Rihanna pun tampak memukau mengenakan eyeshadow biru dan eyeliner gelap. (*)

Related Articles
Interest
Cegah Distribusi Produk Kecantikan Abal-abal, Kominfo akan Atur Para Influencer


Interest
Rahasia Makeup Fresh Lili Reinhart: Beauty Guru di YouTube!