Entertainment

5 Hal Baru yang Nggak Boleh Terlewatkan di MV BTS 'ON'

Delima Pangaribuan

Posted on February 21st 2020

ARMY, make some noise! Akhirnya MV BTS 'ON' versi Kinetic Manifesto Film dirilis sore ini pukul 18.00 KST. Sampai setengah jam setelah perilisan, video ini sudah ditonton 450.000 kali. Well, masih jauh dari target 90 juta dalam 24 jam. Tapi jangan terlalu stress, ada baiknya sambil streaming kalian fokus ke seninya dan visual MV serta lagunya yang bikin nagih.

 
MV ini disutradarai sama Choi Yongseok dari Lumpens, dengan executive producer Tiffany Suh dan asisten sutradara Yoon Jihye dan Guzza. Para dancer tergabung dalam grup The Lab dan drumband Blue Devils. Ada tiga orang performance director, antara lain Son Sundeuk, Lee Gahun, dan Lee Byung-eun.
 
Ada banyak hal menarik yang bisa kita temukan di MV ini, yang bisa jadi berkaitan sama teori tertentu. Berikut rangkuman hal-hal yang nggak boleh kalian lewatkan dalam MV Kinetic Manifesto Film 'ON'.
 
 

1. Permainan angle kamera
 
Tampaknya kali ini BTS sengaja menggandeng third party untuk MV versi cinematic ini dengan ekspektasi permainan kamera yang luar biasa. Dan hasilnya bisa dilihat, bikin yang nonton terkesima, kan? Permainan kamera ini mendekat dan menjauhi para member, berputar sampai 180 derajat dan menampilkan visual yang bikin kaget. Misalnya ketika Jimin menendang kakinya ke kamera atau waktu Jimin dan Jungkook direkam close up saat jaketnya terlepas. Hobi bikin anak orang teriak-teriak, nih.
 
2. Cerminan MV lawas BTS

 
Kalau diperhatikan sekilas, ada vibe beberapa MV atau musik lama BTS. Yang paling kelihatan adalah set luas dengan banyak back up dancer berpakaian hitam, mirip sama MV 'Not Today'. Secara koreografi, tingkat kesulitannya juga sama kayak 'Not Today', powerful dan banyak detail menghentak. Terus di bagian pas Jin nyanyi ditemani sama Jungkook dan Jimin ngedance di belakangnya, gerakan tangan awalnya sekilas mirip sama salah satu part di 'Blood Sweat & Tears'. 
 
3. Ada dance break 
 
Jarang-jarang BTS pakai style MV begini. Meskipun di dunia KPop, sudah cukup sering idol group menyisipkan semacam part dance break di tengah. Ini adalah part yang melodinya dibuat agak berbeda dengan lagunya khusus untuk ngedance saja. Part dance break ini cukup menyita perhatian karena lagi-lagi diambil dengan angle yang dinamis dan smooth. 
 
4. Makna lirik yang mendalam
 
BTS dikenal memang suka bikin lirik yang punya makna dalem dan kadang kontroversial. Kalau di album sebelumnya mereka berusaha menyampaikan pesan untuk mencintai diri sendiri, di lagu ini mereka sudah mendeklarasikan diri kalau mereka dibentuk dari dua hal. Baik dan buruk. Dan selama mereka nggak menyerah dalam mencapai suatu hal, hidup dengan kedua hal itu pun nggak masalah. Seperti lirik yang dinyanyikan di chorus, "Aku menjadi tidak waras agar tetap waras." Beraaad... 
 
5. Kostum yang berbeda-beda
 
Kalau diperhatikan kostumnya, banyak member yang pakai jaket kulit hitam. Antara lain RM, Suga, J-Hope, dan Jungkook. Sementara V dan Jimin kompakan pakai putih. Hanya Jin yang pakai bahan biru yang kelihatannya kayak jaket jins. Oh-oh, apakah ini berarti sesuatu? Menyambung dengan sebuah teori? Tapi memang selama ini Jin kerap tampil berbeda dalam berbagai MV atau foto konsep, yang bikin ARMY rajin memutar otak mencari tahu apa arti sebenarnya dari perbedaan Jin itu. (*)
Artikel Terkait
Korea
BTS Siapin Album Self-Produce, Ini Role Mereka Masing-masing

Entertainment
Ramaikan Twitter, ARMY Rayakan "Debut" BTS Tahun 2020

Korea
Member BTS Beberkan 8 Fakta Tersembunyi MV 'Dynamite'